Disdukcapil Badung Bali menggencarkan perekaman KTP-el bagi pemilih pemula

id Ktp elektronik,Pemilih pemula badung,Disdukcapil Badung,Badung Bali,Perekaman ektp badung

Disdukcapil Badung Bali menggencarkan perekaman KTP-el bagi pemilih pemula

Kepala Disdukcapil Kabupaten Badung, Anak Agung Ngurah Arimbawa. ANTARA/HO-Diskominfo Badung

Badung (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Badung, Bali terus menggencarkan perekaman data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) untuk pemilih pemula dan remaja yang umurnya sudah berhak memiliki KTP-el.

“Dari kerja keras yang terus dilakukan jajaran Disdukcapil Badung, perekapan data KTP-el untuk calon pemilih pemula yang kami lakukan ini paling tinggi dibandingkan dengan daerah lain di Provinsi Bali,” ujar Kepala Disdukcapil Kabupaten Badung, Anak Agung Ngurah Arimbawa di Mangupura, Rabu (10/1).

Ia menjelaskan dari progres data perekaman wajib KTP di Provinsi Bali, Kabupaten Badung tercatat memiliki persentase perekaman data yang paling tinggi. Berdasarkan data hingga bulan Desember 2023, wajib KTP di Kabupaten Badung sebanyak 407.284 dan yang sudah direkam datanya sebanyak 405.263 atau 99,65 persen dan yang belum terekam sebanyak 1.418 wajib KTP atau 0,35 persen.

Oleh karena itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Badung melakukan perekaman data KTP-el kepada remaja 16 tahun seperti foto wajah, sidik jari, iris mata agar begitu wajib KTP berusia 17 tahun pihaknya tinggal menerbitkan KTP-el bagi wajib KTP tersebut.

“Khusus untuk calon pemilih pemula yang pada saat 14 Februari 2024 sudah berusia 17 tahun, mereka sudah dapat memiliki KTP-el sebagai salah satu syarat mereka boleh menggunakan hak pilihnya saat Pemilu 2024,” ujarnya.

Ngurah Arimbawa mengatakan, untuk terus menggencarkan perekaman data KTP-el bagi warga Badung berusia 16 tahun pihaknya rutin melakukan kegiatan pelayanan jemput bola seperti yang akan dilakukan pada Kamis (11/1) di Kantor Desa Canggu dan Desa Kantor Tibubeneng, Kuta Utara, Kabupaten Badung.

“Bagi masyarakat yang ingin melakukan perekaman data KTP-el, diharapkan membawa fotocopy kartu keluarga dari pukul 16.00-19.00 wita. Dan sekali lagi kami informasikan layanan ini gratis untuk masyarakat,” kata dia.

Baca juga: Delapan WNA Bangladesh kantongi KTP NTT tak terdaftar
Baca juga: Sebanyak 99,24 persen Warga Lombok Tengah NTB telah memiliki KTP


Selain layanan jemput bola, Disdukcapil Badung juga telah membuka layanan perekaman dan percetakan KTP-el pemula pada hari libur Sabtu dan Minggu yang dilaksanakan di Kantos Disdukcapil Pusat Pemerintahan Badung pada 6-7 Januari lalu untuk terus meningkatkan capaian layanan perekaman data KTP-el bagi masyarakat di Badung.