DPRD minta Disdukcapil Lombok Tengah tingkatkan pelayanan adminduk

id DPRD Lombok Tengah ,Dinas Dukcapil ,NTB,Disdukcapil Lombok Tengah,pelayanan,adminduk

DPRD  minta Disdukcapil Lombok Tengah tingkatkan pelayanan adminduk

Gedung kantor DPRD Lombok Tengah, Provinsi NTB. ANTARA/Akhyar Rosidi.

Dinas Dukcapil Lombok Tengah kita harapkan membuat terobosan untuk bisa melakukan percepatan dan kemudahan untuk masyarakat dalam membuat adminduk

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - DPRD Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat meminta kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di daerah setempat untuk membuat inovasi dalam rangka meningkatkan percepatan pelayanan dalam membuat administrasi kependudukan (adminduk).

"Baca juga: Disdukcapil Lombok Tengah gencar sosialisasikan identitas digital," kata anggota DPRD Lombok Tengah, Muhalip di Praya, Senin.

Ia mengatakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) memerlukan dukungan sarana dan prasarana sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan. Hal ini mengingat sarana dan prasarana yang ada sekarang ini itu sudah cukup lama dan tentunya membutuhkan pembenahan.

“Banyak masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP. Sehingga peningkatan kualitas fasilitas pendukung ini penting dilakukan untuk bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Baca juga: Disdukcapil Lombok Tengah meminta penambahan blangko KTP

Pihaknya juga meminta agar Pemkab Lombok Tengah untuk segera menerbitkan payung hukum yang mewajibkan pemerintah desa dan kelurahan untuk melaporkan data kependudukan, baik terkait data kelahiran, kematian maupun perpindahan penduduk kepada pemerintah daerah.

"Hal ini penting untuk kita bisa menyinkronkan berbagai data kependudukan yang ada,” katanya.

Baca juga: Disdukcapil Lombok Tengah mulai menerapkan KTP digital

Ia mengatakan penyampaian data kependudukan ini sangat penting dalam mendukung kebijakan pembangunan yang lebih efektif dan efisien khususnya di daerah pedesaan. Sebagai salah satu upaya dalam mendukung suksesnya pelaksanaan pilkada pada akhir tahun mendatang, pemerintah daerah bersama stakeholder terkait hendaknya melakukan pemutakhiran data kependudukan secara periodik, transparan dan adil.

“Hal ini penting dilakukan guna memastikan bahwa semua warga negara yang memiliki hak pilih dapat menggunakan hak pilih dengan baik dan benar," katanya.

Oleh karena itu, untuk bisa memaksimalkan hal ini, maka dinas terkait perlu untuk bagaimana melakukan percepatan dan kemudahan masyarakat dalam mendapatkan adminduk.

"Adminduk ini sangat banyak manfaatnya. Kalau pelayanan sudah bagus, kita percaya masyarakat juga pasti akan antusias dalam mengurus adminduk mereka,” katanya.

Baca juga: Disdukcapil Lombok Tengah gencar sosialisasikan identitas digital