Alasan motor listrik tidak selaris mobil listrik

id motor listrik,moeldoko iims 2024,iims 2024,indonesia international motor show,baterai motor listrik,jarak tempuh motor l,motor listrik tak selaris mob

Alasan motor listrik tidak selaris mobil listrik

Yamaha Grand Filano Hybrid Connected 2024 dipamerkan di IIMS 2024, JIExpo Kemayoran, Selasa (20/2/2024). (ANTARA/Pamela Sakina)

Sepeda motor yang ada sekarang itu belum menjawab isu bagi konsumen tentang sebuah sepeda motor, khususnya soal baterai

Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkap alasan perkembangan motor listrik di Indonesia lebih lamban dari perkembangan mobil listrik di Indonesia.

Ditemui di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa, Moeldoko mengatakan industri motor listrik tengah menghadapi sejumlah tantangan, sehingga tidak dapat memenuhi ekspektasi dan kebutuhan utama konsumen terhadap sebuah sepeda motor.

“Sepeda motor yang ada sekarang itu belum menjawab isu bagi konsumen tentang sebuah sepeda motor, khususnya soal baterai,” kata dia.

Baca juga: Menko Perekonomian Airlangga target 200.000 mobil listrik terjual tiap tahun
Baca juga: Kiat bagi pengguna mobil listrik untuk tahu Indikator penting saat gunakan NETA V

Hingga saat ini, persoalan teknologi baterai, alias komponen utama dalam motor listrik masih menjadi tantangan sendiri bagi produsen kendaraan listrik roda dua.

Selain harganya yang masih sangat mahal, teknologi baterai motor listrik di pasaran saat ini hanya mampu menempuh jarak di kisaran 50 hingga 60 kilometer (km). Sehingga, banyak konsumen yang urung untuk memboyong kendaraan ramah lingkungan tersebut, menurut Moeldoko.

“Sehingga kalau orang di Tangerang mau ke Jakarta (jarak tempuh motor) 60 km masih akan pikir-pikir, nanti isi dayanya dimana? Isu yang kedua baterai itu masih mahal,” Moeldoko menjelaskan.

Isu lain yang membuat pasar motor listrik loyo, lanjutnya, adalah waktu pengisian daya yang terbilang lama, dengan rata-rata pengisian lebih dari dua jam, bahkan beberapa hingga lebih dari empat jam.

Baca juga: Ini kelebihan motor listrik pakai baterai
Baca juga: Publik siap beralih ke kendaraan listrik dampak pajak motor bensin naik


Sebagai perbandingan, baterai mobil listrik saat ini telah dapat memangkas banyak waktu pengisian daya. Beberapa dari mereka banyak pula mengklaim pengisian daya dari kisaran 20 atau 30 persen hingga penuh hanya memakan waktu tidak sampai satu jam, salah satu produk mobil listrik terbaru mengungkap produk roda empat listriknya dapat mengisi daya dari 30 persen hingga 80 persen hanya dalam waktu 28 menit.

Meski begitu, Moeldoko sangat berharap industri motor listrik untuk lebih berkembang di Tanah Air, dengan segala inovasi yang perlu terus digenjot oleh produsen, utamanya soal teknologi baterainya.

“Rata-rata sekarang harga baterai motor antara Rp9 juta sampai Rp10 juta, kalau nanti bisa antara Rp6,5 juta sampai Rp6 juta itu pasti orang akan bergeser (ke motor listrik), apalagi pengisian dayanya cepat, jarak tempuhnya jauh,” tambahnya.

Baca juga: ITS meluncurkan sepeda motor listrik "EVITS"
Baca juga: Mahasiswa UGM kembangkan motor listrik dengan komponen dalam negeri 57,42 persen