Kemenangan Hangtuah atas Satya Wacana jadi modal

id ibl,amartha hangtuah jakarta

Kemenangan Hangtuah atas Satya Wacana jadi modal

Pebasket Satya Wacana Salatiga Tryee Jamal Robinson (kiri) berusaha melewati hadangan Pebasket Amartha Hangtuah Govinda Julian (kanan) saat pertandingan Indonesian Basketball League (IBL) 2024 di GOR UNJ, Rawamangun, Jakarta, Minggu (21/4/2024). Amartha Hangtuah berhasil mengalahkan Satya Wacana Salatiga dengan skor 90-81. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/Spt. (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)

Jakarta (ANTARA) - Kemenangan Amartha Hangtuah Jakarta atas Satya Wacana Salatiga dengan skor 90-81 pada pertandingan pekan kesembilan IBL 2024 disebut menjadi modal bagi tim asal Jakarta itu untuk menuju babak playoff.

"Game hari ini game yang sangat penting buat kita, karena kita sangat butuh kemenangan," kata Kepala Pelatih Amartha Hangtuah Jakarta Andika Supriadi Saputra usai laga di Jakarta, Minggu.

Hangtuah saat ini telah mengemas 5 kemenangan dan 6 kali kalah. Mereka saat ini berada di peringkat sembilan klasemen sementara dengan 16 poin dari 11 pertandingan yang telah dijalaninya.

Memang belum masuk ke zona playoff yang syarat minimalnya adalah posisi delapan di akhir musim reguler. Akan tetapi Hangtuah masih memiliki kesempatan untuk naik peringkat mengingat beberapa tim di atasnya sudah melakoni laga yang lebih banyak dari mereka.

Di peringkat delapan klasemen sementara, Borneo Hornbills mengumpulkan 17 poin dari 13 laga yang telah dijalaninya. Bahkan tim yang paling banyak menjalani pertandingan Rajawali Medan sudah bermain 14 kali, berada di peringkat lima dengan 6 menang dan 8 kalah.

Oleh karena itu pelatih Andika Supriadi Saputra yang akrab disapa Coach Bedu menyebut timnya sangat membutuhkan kemenangan tambahan pada pekan selanjutnya dalam dua laga tandang.

"Nggak ada game yang santai, setiap game penting semua. Nggak ada game yang gampang, semua game sulit," kata dia.

Baca juga: Dewa United meraih 10 kemenangan beruntun kalahkan Bali United skor 113-81
Baca juga: Tim Pelita Jaya masih tak terbendung, kalahkan Borneo skor 98-80


Hangtuah akhirnya berhasil memetik kemenangan di laga kandang usai mengalahkan Satya Wacana Salatiga setelah pada hari sebelumnya kalah oleh Kesatria Bengawan Solo. Kemenangan Hangtuah didapat dengan perlawanan yang sengit dari Satya Wacana yang masih berapi-api karena baru saja menumbangkan Satria Muda Pertamina Jakarta pada laga kemarin.

Hangtuah mencetak 39 poin di kuarter pertama, unggul sampai 19 poin. Namun tim tamunya Satya Wacana Salatiga menyusul sampai unggul 2 poin di awal kuarter tiga. Hangtuah kembali unggul hingga 18 poin di kuarter empat, dan Salatiga kembali memberikan perlawanan sampai selisih kembali berjarak tiga angka saja. Namun upaya pertahanan Hangtuah membuahkan hasil hingga buzzer terakhir berbunyi.