Ayo Kasbon rilis aplikasi permudah karyawan ambil gaji

id Ayo Kasbon,aplikasi kasbon digital,kasbon gaji

Ayo Kasbon rilis aplikasi permudah karyawan ambil gaji

Aplikasi Ayo Kasbon. ANTARA/HO-PT Ayo Kasbon Indonesia

Jakarta (ANTARA) - PT Ayo Kasbon Indonesia memperkenalkan aplikasi inovasi layanan keuangan Ayo Kasbon bersamaan dengan peringatan Hari Buruh 2024 pada hari ini, untuk memfasilitasi pegawai agar dapat mengambil gaji lebih awal sebelum tanggal gajian tiba.

“Dengan aplikasi ini, para karyawan, pegawai, dan buruh dapat menarik sebagian gaji di awal sebelum tanggal gajian tanpa dibebani bunga,” ujar Direktur PT Ayo Kasbon Indonesia Ari Gunawan pada Launching Aplikasi Ayo Kasbon, di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, dengan aplikasi tersebut para pengguna dapat melakukan pengajuan kasbon dengan lebih mudah, aman, cepat, dan fleksibel berdasarkan prinsip syariah.

Ia menuturkan bahwa layanan keuangan yang diberikan oleh pihaknya tidak sama dengan pinjaman online (pinjol).

Hal itu dikarenakan kasbon tersebut bukanlah pinjaman, melainkan dana yang disediakan oleh perusahaan sebagai fasilitas bagi karyawan untuk mengambil sebagian gaji bulanan mereka lebih awal sebelum tanggal gajian.

Ari menyampaikan bahwa nominal penarikan disesuaikan dengan skema gaji prorate, yaitu maksimal 30-40 persen dari total take home pay karyawan tanpa adanya bunga dan hanya dikenakan biaya administrasi.

Ia mengatakan bahwa pegawai yang berminat menggunakan layanan Ayo Kasbon dapat mengisi formulir pendaftaran, kemudian melapor ke Departemen Sumber Daya Manusia (SDM) perusahaan masing-masing.

Jika disetujui, dana akan langsung dicairkan ke rekening karyawan yang sudah didaftarkan oleh Departemen SDM. Karena tidak ada mekanisme cicilan, maka nominal kasbon akan dipotong dari gaji karyawan saat tanggal gajian tiba.

Baca juga: Aplikasi Merchant BCA solusi digital lancarkan bisnis UMKM
Baca juga: TikTok setor pajak sebagai PPN PMSE

Dengan model bisnis tersebut, Ari menyatakan bahwa pihaknya menyasar para karyawan industri, pabrik, perkantoran, outsourcing, dan PNS.  Selain itu, Ayo Kasbon juga memfasilitasi perusahaan yang saat ini sudah menjalankan praktik kasbon secara manual untuk beralih ke layanan digital tanpa adanya biaya yang dibebankan ke perusahaan.

“Pada dasarnya misi produk Ayo Kasbon ini agar para karyawan, pegawai, pekerja, dan buruh tidak terjerat pinjol ilegal maupun rentenir,” ujarnya pula.