Awal Juni peluncuran mobil balap UIRT-02

id Ketum IMI Bamsoet ,Bambang Soesatyo ,UIRT-02,Universitas Indonesia,UIRT

Awal Juni peluncuran mobil balap UIRT-02

Ketum IMI Bambang Soesatyo (kelima kiri) menerima kunjungan perwakilan Universitas Indonesia Racing Team. ANTARA/HO-IMI

Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, mengatakan awal Juni nanti akan dilakukan peluncuran mobil balap Universitas Indonesia Racing Team-02 (UIRT-02), guna mengikuti kompetisi Formula Student Czech 2024 di sirkuit Autodrom Most, 5-10 Agustus.
 
Pria yang kerap disapa Bamsoet itu membeberkan, mobil balap buatan itu memiliki spesifikasi antara lain mesin Kawasaki ER6N 649 cc, chassis Tubular, body lightweight fibre, shockbreaker Ohlins dan ECU menggunakan Haltech Elite 2500.

"Diharapkan awal Mei sudah bisa dilakukan test drive dan 8 Juni 2024 akan dilakukan grand launching mobil balap UIRT-02," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis di laman IMI yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Lebih lanjut dia menjelaskan pengerjaan mobil balap yang akan digunakan itu sudah dilakukan sejak akhir tahun 2023 dan saat ini pengerjaan sudah mencapai 85 persen. Bamsoet menyampaikan, Formula Student Czech 2024 merupakan kejuaraan balap antar mahasiswa tingkat dunia yang diikuti puluhan tim dari berbagai negara.

Ia selaku Ketum IMI mendukung para mahasiswa UI yang tergabung dalam UI Racing Team untuk mengikuti kompetisi tersebut. Sebelumnya, tim tersebut juga telah mengikuti kompetisi yang sama pada 2023. Hasilnya, kata Bamsoet, cukup membanggakan.

Baca juga: Era elektrifikasi jadi peluang modifikator lokal berkarya
Baca juga: IMI NTB undang IMI se-Indonesia saksikan ajang MotoGP Mandalika


Diikuti 60 tim dari berbagai negara, UI Racing Team berhasil meraih prestasi di beberapa kategori pada event yang sama tahun lalu, yaitu posisi ke-7 di business plan, posisi ke-10 di cost and manufacturing, posisi ke-14th di engineering design, dan posisi ke-13 untuk keseluruhan.

Prestasi lain seperti Top 5 Formula Japan 2018, peringkat 3 Endurance Event, dan juara Business Event dalam ajang IIMS 2019, serta Top 5 Business Plan dan Top 6 Engineering Design pada ajang Formula Bharat 2022.