Kedubes Selandia Baru gelar malam halal bihalal

id Kedubes Selandia Baru,halal bihalal,Indonesia,Wadubes Giselle Larcombe

Kedubes Selandia Baru gelar malam halal bihalal

Wakil Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Giselle Larcombe pada acara Malam Halal Bihalal di Jakarta, Senin (6/5/2024). (ANTARA/Asri Mayang Sari)

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Selandia Baru di Jakarta mengelar malam halal bihalal dalam rangka mempererat tali silaturahmi sekaligus menggalang persatuan kedua negara.

"Halal Bihalal sebagai ajang bagi kita untuk saling memaafkan dalam kesempatan mempererat tali silaturahmi dan menggalang persatuan", kata Wakil Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Giselle Larcombe pada acara Malam Halal Bihalal di Jakarta, Senin.

Giselle mengatakan hubungan bilateral antara Selandia Baru dan Indonesia kini semakin kuat.

"Kami tidak dapat melakukan apa yang telah kami lakukan di Indonesia, dan tentu saja, tidak akan berhasil tanpa bimbingan, bantuan serta dukungan Anda. Jadi, ini adalah kesempatan bagi kami untuk menunjukkan bahwa kami menghargai Anda semua," katanya.

Giselle menjelaskan bahwa akhir tahun lalu, Selandia Baru menyambut pemerintahan baru yang memiliki fokus hubungan internasional yang berbeda dan khususnya, keinginan untuk memperkuat hubungan di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

"Banyak keterlibatan tingkat tinggi antara Indonesia dan Selandia Baru," ucapnya. Sebelumnya pada Februari Wakil Presiden Indonesia Ma'ruf Amin melakukan kunjungan ke Selandia Baru dan pada Maret Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Christopher Luxon juga mengelar pertemuan bilateral.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Selandia Baru Winston Peters juga menemui Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto pada Maret.

Baca juga: Diserbunya kedubes Meksiko di Ekuador langgar Konvensi Wina
Baca juga: Setelah menang mutlak di Ngawi, Ning Lia dapat kado Kedubes Australia


"Jadi, kita melihat momentum keterlibatan yang sangat tinggi. Sektor kerja sama kami, tentu saja sangat luas", ucap Giselle.

Wakil Dubes itu menambahkan bahwa upaya yang dilakukan saat ini berfokus pada keterlibatan politik tingkat tinggi, meningkatkan perdagangan untuk mencapai tujuan perdagangan, meningkatkan kerja sama pertanian, kemitraan energi panas bumi, meningkatkan kerja sama pendidikan serta hubungan antar masyarakat.

"Saya juga ingin menyampaikan rasa terima kasih yang tulus atas peran Anda semua dalam membantu memajukan kerja sama ini dan memungkinkan hubungan bilateral kita berkembang", katanya menambahkan.