Bupati Bima minta Tagana tingkatkan kemandirian warga hadapi bencana alam

id Tagana ,Kabupaten Bima ,NTB ,Bupati Bima,Bencana Alam

Bupati Bima minta Tagana tingkatkan kemandirian warga hadapi bencana alam

Bupati Kabupaten Bima, Provinsi NTB, HJ Indah Dhamayanti Putri (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bima)

Mataram (ANTARA) - Bupati Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Indah Dhamayanti Putri meminta para Taruna Siaga Bencana (Tagana) meningkatkan pemberdayaan masyarakat menuju kemandirian dalam menghadapi dampak bencana alam.

"Hal itu penting dalam menumbuhkembangkan semangat dan kepedulian Tagana," katanya saat apel Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Tagana yang dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun Lanjut Usia (HLUN) ke-28 Tingkat Provinsi NTB 2024 di Lapangan Paruga NaE, Kecamatan Bolo, Selasa.

Bupati juga mendorong peningkatan semangat pengabdian Tagana dalam upaya pengurangan risiko bencana dan pentingnya menjaga ekosistem dengan berbasis kearifan lokal yang ada.

"Provinsi NTB merupakan salah satu daerah rawan bencana hidrometeorologi," katanya.

Peringatan HUT Tagana, kata dia,  bisa menjadi ajang konsolidasi, tukar informasi, refleksi diri, dan upaya membangun kolaborasi serta sinergitas antar-relawan penanggulangan bencana di seluruh wilayah Provinsi NTB.

"Kolaborasi kita harus tetap ditingkatkan dalam mengantisipasi dampak bencana alam," katanya.

Terkait Hari Lanjut Usia (HLUN) ke-28, Bupati Bima mengatakan semua memiliki tanggung jawab dan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas hidup dan martabat para orang tua yang sudah lanjut usia.

"Hal ini diharapkan bisa mengurangi ketergantungan mereka dan memberikan ruang yang lebih luas bagi para lansia untuk mengaktualisasikan dirinya di tengah kehidupan keluarga dan masyarakat," katanya.