BPIP tinjau kesiapan lokasi upacara Hari Lahir Pancasila

id BPIP, Hari Lahir Pancasila, Upacara Harlah Pancasila, Blok Rokan

BPIP tinjau kesiapan lokasi upacara Hari Lahir Pancasila

Gladi kotor Paskibraka sebelum peringatan upacara puncak Hari Lahir (Harlah) Pancasila 1 Juni 2024, di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Provinsi Riau, Rabu (29/5/2024). (ANTARA/HO-Humas BPIP)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina meninjau kesiapan lokasi upacara puncak Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Provinsi Riau.

"Waktu persiapan menuju Harlah Pancasila 1 Juni 2024 tersisa dua hari lagi," kata Rima dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Rabu (29/5) malam.

Peninjauan kesiapan lokasi tersebut dilakukan di tengah pelaksanaan gladi kotor persiapan upacara peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2024. Wakil Kepala BPIP meninjau kesiapan lapangan upacara serta segala perlengkapan yang akan didirikan di sekitarnya.

Dalam peninjauan kesiapan itu, Rima juga menginstruksikan agar tenda dan panggung yang akan digunakan pada upacara Harlah Pancasila segera dibangun.

"Tenda dan juga segala perlengkapan yang akan digunakan, panggung untuk berdiri inspektur upacara, segera dibangun dan dipastikan kekokohannya untuk menopang inspektur upacara saat gelaran upacara 1 Juni nanti," katanya.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan bertindak sebagai inspektur upacara sekaligus memimpin upacara puncak peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Blok Rokan, Riau, pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Selain kesiapan lapangan dan kelengkapannya, gelar pasukan, pasukan pengibar bendera dan peserta upacara juga tak luput dari perhatian Pengarah Paskibraka Tingkat Pusat itu. Terlihat juga koordinasi lintas kementerian/lembaga serta pemerintah daerah terus dilakukan dalam rangka mempersiapkan upacara peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2024.

Hadir dalam koordinasi di lapangan upacara, Pangdam I/Bukit Barisan serta jajaran, sekretaris daerah Provinsi Riau, kepala Kesbangpol Kota Dumai, perwakilan dari Pertamina Hulu Rokan, dan Polda Riau.

Baca juga: BPIP jelaskan alasan upacara peringatan hari lahir Pancasila di blok rokan Riau
Baca juga: Diplomasi berbasis nilai Pancasila banyak diapresiasi dunia


Setelah meninjau kesiapan lapangan upacara dan gladi kotor, Rima melakukan peninjauan ke Hall DCC Pertamina Hulu Rokan yang rencananya digunakan sebagai alternatif tempat upacara peringatan Harlah Pancasila jika cuaca di Dumai hujan pada saat pelaksanaan upacara. Peserta upacara peringatan Harlah Pancasila di Blok Rokan diperkirakan sekitar seribu orang dari unsur TNI, Polri, ASN, pegawai Pertamina Hulu Rokan, dan pelajar.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga dijadwalkan hadir, kemudian Ketua MPR RI Bambang Soesatyo akan bertindak sebagai pembaca teks Pancasila, Ketua DPR Puan Maharani menjadi pembaca UUD 1945, dan Menko PMK Muhadjir Effendy bertugas membacakan doa.