Pemkab-Kodim distribusikan 62 alsintan untuk petani di Lombok tengah

id Alsintan ,Pemkab Lombok Tengah ,NTB,Bantuan alat pertanian,kodim

Pemkab-Kodim distribusikan 62 alsintan untuk petani di Lombok tengah

Foto bersama saat acara penyerahan bantuan alsintan dari Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah dan Kodim 1620 kepada kelompok tani di daerah setempat di Praya, Selasa (04/06/2024) (ANTARA/HO-Humas Kodim 1620 Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Lombok Tengah bersama TNI Kodim 1620 mendistribusikan 62 alat mesin pertanian (alsintan) untuk kelompok tani guna meningkatkan produksi pertanian di daerah setempat.

Perwira seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 1620/Loteng Kapten Inf Ali Murtono di Praya, Selasa, mengatakan pemilihan kelompok tani (poktan) sebagai penerima alsintan didasarkan pada kebutuhan dan potensi peningkatan produktivitas masing-masing kelompok pada setiap daerah.

"Program ini diharapkan bisa mendukung ketahanan pangan di Lombok Tengah," katanya.

Baca juga: Distan Mataram menyiapkan Rp193 juta untuk Alsintan petani

Ia mengatakan distribusi 62 alsintan meliputi mesin pompa beserta selang penyalur air untuk pompanisasi. Alat-alat ini, kata dia, diharapkan akan dapat membantu para petani dalam berbagai tahap proses pertanian, mulai dari pengolahan tanah, irigasi, hingga penanaman.

“Kami yakin dengan adanya alsintan yang dibagikan oleh pemerintah kepada para petani akan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian,” katanya.

Penggunaan teknologi pertanian modern ini tidak hanya mempercepat proses kerja, tetapi juga meningkatkan kualitas hasil pertanian para petani.

"Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Dinas Pertanian sebagai bagian dari upaya pemerintah daerah (pemda) dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani lokal secara bertahap," katanya.

Baca juga: Pemkab Bima membantu alsintan untuk tingkatkan produksi petani tembakau

Menurut dia, pentingnya peran teknologi dalam pertanian modern yang harus dimiliki oleh para kelompok tani agar tetap mandiri dalam meningkatkan produktivitas pertanian yang dikelola.

“Dengan adanya alsintan yang dibagikan oleh pemerintah, kami sebagai aparat berharap para petani dapat mengolah lahan mereka dengan lebih efisien dan meningkatkan hasil panen,” katanya.

Kolaborasi TNI dalam pendistribusian alsintan ini menunjukkan sinergi antara instansi pemerintah dan aparat keamanan dalam mendukung pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Lombok Tengah.

Program distribusi alsintan merupakan bagian dari program nasional yang bertujuan meningkatkan ketahanan pangan baik pusat maupun lokal dan mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah pedesaan.

"Bantuan ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi kesejahteraan petani, khususnya di Lombok Tengah, serta menginspirasi daerah lain untuk melakukan hal serupa," katanya.

Baca juga: Menko Perekonomian menjelaskan upaya pembukaan akses pasar ke 300 petani