Distan Mataram menyiapkan Rp193 juta untuk Alsintan petani

id Alsintan Mataram,Alsitan di Mataram,Distan Mataram,Mataram

Distan Mataram menyiapkan Rp193 juta untuk Alsintan petani

Kepala Bidang Sarpras Dinas Pertanian (Distan) Kota Mataram Endang Utami Rahayu. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Pertanian Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, telah menyiapkan anggaran sebesar Rp193 juta untuk pengadaan Alsintan atau alat dan mesin pertanian untuk lima kelompok petani di lima kecamatan.

Kepala Bidang Sarpras Dinas Pertanian (Distan) Kota Mataram Endang Utami Rahayu di Mataram, Selasa, menyebutkan, lima kelompok petani yang dapat bantuan Alsintan meliputi kelompok tani di Kecamatan Sandubaya, Selaparang, Mataram, Sekarbela, dan Kecamatan Ampenan.

"Bantuan Alsintan yang akan kita berikan perupa satu unit mesin cultivator berfungsi untuk membajak lahan pertanian tapi khusus untuk pertanian hortikultura, dan enam unit pompa air," katanya.

Dia mengatakan, enam unit pompa air yang diberikan ini merupakan pompa air untuk menyedot air sungai ke lahan pertanian ketika terjadi puncak musim kemarau.

Bantuan pompa air ini beda dengan bantuan sumur bor yang sudah ada di areal pertanian petani yang sudah diberikan melalui program tahun-tahun sebelumnya.

"Kita berikan hanya mesin pompa air. Sasarannya ke kelompok tani yang sebelumnya sudah mengajukan proposal sesuai kebutuhan agar tepat sasaran," katanya.

Diharapkan, dengan adanya bantuan Alsintan tersebut mampu mendorong peningkatan produksi petani sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani.