Bupati Jaelani: Dompu expo 2024 sarana promosi produk UMKM

id Dompu expo ,NTB,Bupati Dompu ,UMKM

Bupati Jaelani: Dompu expo 2024 sarana promosi produk UMKM

Bupati Dompu, NTB, Kader Jaelani (Tengah) saat foto bersama para pejabat saat acara pembukaan Dompu expo, Senin (24/06/2024) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Dompu)

Mataram (ANTARA) - Bupati Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Kader Jaelani mengatakan, pagelaran Dompu expo merupakan ajang promosi bagi produk dan potensi lokal para usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Dalam pagelaran Dompu expo ini disediakan kuliner ikan, steak sapi lamtoro, kopi Tambora dan makanan timbu, seluruhnya gratis bagi para pengunjung," kata Jaelani di Dompu, Senin.

Hal itu disampaikan saat membuka acara Dompu expo yang digelar selama lima hari mulai, 24 - 29 Juni 2024 di Lapangan Dompu.

Ia mengatakan potensi wisata di Kabupaten Dompu tidak perlu diragukan lagi, di selatan memiliki pantai Lakey dengan ombak yang memanjakan para penggemar olahraga air.

Kemudian di utara memiliki pulau Satonda dengan segala keunikannya serta taman nasional Gunung Tambora dengan semua keindahannya yang mengagumkan.

"Sungguh ini merupakan anugerah tidak terhingga dari Allah SWT," katanya.

Ia mengatakan geliat wirausaha baru yang menjamur di setiap wilayah di Dompu menunjukan aktivitas ekonomi yang semakin baik dan telah  terbentuk sedikitnya 1300 wirausaha baru.

Hal ini secara tidak langsung berpengaruh pada tingkat pendapatan masyarakat dan pengangguran terbuka. BPS mencatat bahwa rata-rata pendapatan per kapita masyarakat Dompu saat ini adalah sebesar 34,4 juta rupiah.

"Terbaik ketiga setelah Sumbawa Barat dan Kota Mataram," katanya.

Pihaknya berharap agenda Dompu expo ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya. Dipersiapkan lebih matang lagi dengan eskalasi yang lebih luas, sehingga kegiatan ini menjadi wadah bagi masyarakat untuk melihat dan mendengar apa saja yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Dompu.

"Pemerintah pusat mendukung upaya kami dalam menggelar kegiatan Dompu expo 2024," katanya.