Pembalap Norris sebut Verstappen banyak buat kesalahan dibanding dirinya

id Lando Norris,Max Verstappen,Formula 1,Formula 1 GP Austria 2024,f1

Pembalap Norris sebut Verstappen banyak buat kesalahan dibanding dirinya

Pembalap McLaren Inggris yang berada di posisi kedua, Lando Norris, terlihat setelah Grand Prix Formula Satu Spanyol di Sirkuit de Catalunya pada Minggu (23/6/2024) di Montmelo, di pinggiran Barcelona. (ANTARA/AFP/Manaure Quintero)

Jakarta (ANTARA) - Pembalap McLaren F1 Team, Lando Norris sebut pembalap Red Bull Oracle, Max Verstappen lebih banyak membuat kesalahan dibanding dirinya selama gelaran Formula 1 GP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Minggu malam WIB.

Lando yang terlibat insiden dengan pembalap Belanda tersebut dipastikan tidak dapat melanjutkan balapan karena mengalami sejumlah kerusakan di liveries-nya.

"Jelas saya sedikit di belakang dalam hal kecepatan dibandingkan dengan Max, tugas pertama dan kedua dia akan selalu memperlebar jarak yang sedikit itu. Tapi mereka sepertinya membuat lebih banyak kesalahan daripada apa yang kami lakukan," ujar Lando Norris dikutip dari laman F1, Senin.

Verstappen yang sebelumnya memimpin pole position dengan keunggulan tiga detik harus merelakan keunggulan tersebut usai memasuki pit stop yang memangkas keunggulannya menjadi tinggal satu detik atas Lando yang membayanginya di posisi kedua.

Pembalap asal Belgia tersebut menyebut kondisi usai pit stop membuat Verstappen dalam tekanan dan membuatnya melakukan kesalahan dengan tergelincir di lap 64 sehingga menyebabkan kontak dengannya.

"Mereka mengacaukan pit stop mereka yang jarang terjadi dari mereka, tetapi jelas sedikit tekanan dari pihak mereka dan mereka mulai tergelincir sedikit. Tapi saya merasa seperti saya mengendarai balapan yang bagus. Saya terus bertarung sepanjang waktu," jelas Lando Norris.

Baca juga: Pembalap Russel menyegel gelar GP Austria usai Verstappen dan Norris bentrok
Baca juga: Pembalap Verstappen puas dengan hasil kualifikasi GP Austria 2024


Lando memutuskan untuk tak melanjutkan balapan karena memang kondisi berangin dan mobilnya mengalami kerusakan total yang membuatnya memutuskan untuk tak melanjutkan balapan.

"Sangat mudah untuk membuat kesalahan tetapi sulit untuk mengendarai karena kondisi berangin dan hal-hal seperti itu terjadi. Saya hanya merasa kecewa. Banyak kerusakan pada mobil, mobil hancur total," kata Lando Norris.

Di GP Austria, pembalap Mercedes George Russel memanfaatkan momentum atas insiden antara Verstappen dan Norris usai tampil dengan catatan waktu tercepat 1 jam 24 menit 22,798 detik.