Pembalap Russel menyegel gelar GP Austria usai Verstappen dan Norris bentrok

id George Russel,Max Verstappen,Lando Norris,Formula 1 2024,Formula 1 GP Austria 2024,f1

Pembalap Russel menyegel gelar GP Austria usai Verstappen dan Norris bentrok

Pembalap Red Bull asal Belanda Max Verstappen (kiri) dan pembalap Mercedes asal Inggris George Russell (kanan) saling adu kecepatan saat Grand Prix Formula 1 di lintasan Autodromo Jose Carlos, Sao Paulo, Brazil, pada 12 November 2022. (Photo by MAURO PIMENTEL / AFP) (AFP/MAURO PIMENTEL)

Jakarta (ANTARA) - Pembalap Mercedes George Russel menyegel gelar Formula 1 GP Austria 2024 usai pembalap Red Bull Oracle Max Verstappen dan pembalap McLaren F1 Team, Lando Norris bentrok di lap 64 pada balapan di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Minggu malam WIB.

Di awal balapan persaingan telah terjadi sejak awal lap, Max Verstappen yang memulai dari pole position terus dibayangi Norris dan Russel yang secara berurutan di posisi kedua dan ketiga.

Duel terus terjadi antara Verstappen dengan Norris untuk memperebutkan posisi terdepan hingga pembalap Belanda tersebut memasuki pit stop terakhir pada lap 52. Verstappen yang sebenarnya unggul tiga detik atas Norris melakukan blunder dengan pit stop yang berjalan lambat sehingga memangkas selisih menjadi satu detik.

Norris yang tampil lebih antagonis dengan selisih waktu satu detik dengan melakukan manuver-manuver yang merepotkan Verstappen. Di lap ke 64, terjadi kontak antara Verstappen dan Norris yang membuat Verstappen harus turun posisi sedangkan Norris tak dapat melanjutkan balapan.

Russel yang sedari tadi telah menyiapkan strategi untuk mempertahankan posisi di belakang Verstappen dan Norris hingga mendapatkan momentum untuk menyalip keduanya langsung melakukan manuver yang membuat pembalap Inggris tersebut kini memimpin.

Baca juga: Pembalap Verstappen puas dengan hasil kualifikasi GP Austria 2024
Baca juga: Pembalap Verstappen segel pole position di GP Austria 2024


Meski dibayangi Oscar Piastri dan Carlos Sainz, namun Russel tetap menjaga keunggulan dari posisinya hingga mampu finis tercepat dengan catatan waktu 1 jam 24 menit 22,798 detik. Disusul Piastri yang menempati podium kedua dengan catatan +1,906 detik.

Sedangkan podium ketiga didapatkan oleh Carlos Sainz dengan catatan +4,533 detik. Lalu rekan setim Russel, Lewis Hamilton menempati posisi keempat dengan catatan +23,142 detik. Sementara juara bertahan Verstappen amankan posisi kelima dengan catatan +37,253 poin.

Selain memperoleh tambahan 25 poin, kemenangan Russel di GP Austria ini juga menjadi kemenangan keduanya sepanjang karir di Formula 1.

Hasil lima bear dari Formula 1 GP Austria, Minggu:
1. George Russel - Mercedes ( 1 jam 24 menit 22,798 detik)
2. Oscar Piastri - McLaren (+1,906 detik)
3. Carlos Sainz - Ferrari (+4,533 detik)
4. Lewis Hamilton - Mercedes (+23,142 detik)
5. Max Verstappen - Red Bull Racing (+37,253 detik)