PJ Bupati: MPP Lombok Timur dapat peningkatan pelayanan

id MPP,Lombok Timur ,NTB,Pelayanan

PJ Bupati: MPP Lombok Timur dapat peningkatan pelayanan

Pj. Bupati Lombok Timur, NTB, HM Juaini Taofik bersama para pejabat saat melepas balon pada peluncuran MPP Kabupaten Lombok Timur, Senin (01/07/2024). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Timur)

Mataram (ANTARA) - Penjabat Bupati Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), HM Juaini Taofik mengatakan keberadaan mal pelayanan publik (MPP) yang diluncurkan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Menjadi tugas pemerintah menjamin penyelenggaraan pemerintahan daerah yang fokus memperbaiki pola atau cara baru memberikan pelayanan yang lebih efektif, efisien dan akuntabel," kata Juaini Taofik di Lombok Timur, Senin.

Hal itu disampaikan Penjabat Bupati Lombok Timur saat melaunching mal pelayanan publik Kabupaten Lombok Timur.

Ia mengatakan masyarakat Lombok Timur merupakan masyarakat yang kreatif mengembangkan berbagai hal, karena itu tugas pemerintah memberikan pelayanan terbaik untuk lebih mengembangkan potensi tersebut melalui akses perizinan yang semakin baik dengan keberadaan MPP ini.

"MPP ini menghimpun sejumlah pelayanan publik di antaranya pengaktifan BPJS, perpanjangan SIM, pembayaran pajak, dan pengurusan Adminduk," katanya.

Baca juga: Mal Pelayanan Publik Lombok Utara dioperasikan

Ia berharap keberadaan MPP ini dapat disosialisasikan kepada masyarakat, semakin MPP ini ramai dan dimanfaatkan.

"Maka di sana bisa melihat ukuran keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan," katanya

Sebelumnya, Kepala Dinas PMPTSP Lombok Timur Husnul Basri mengatakan tujuan keberadaan gedung MPP tersebut adalah meningkatkan aksesibilitas, efisiensi dan kualitas layanan kepada masyarakat.

"MPP dibentuk sebagai respon terhadap berbagai tantangan dan kebutuhan yang ada terhadap administrasi yang modern,” katanya

Baca juga: DPMPTSP Kota Mataram siapkan ruang layanan kesehatan di MPP

Keberadaan MPP merupakan pengejawantahan UU nomor 25 tahun 2009, Permenpan RB dan Perbup Lombok Timur nomor 2 Tahun 2021.

MPP memanfaatkan gedung inspektorat yang direnovasi sesuai kebutuhan untuk pelayanan kepada masyarakat.

Gedung ini didesain menyatukan konsep modern berpadu nilai-nilai religius dan nuansa sasak yang diperkuat motif tenun Subahnala.

"Motif ini merupakan bentuk kesyukuran dan ketakjuban terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Kuasa," katanya.*

Baca juga: Loket pelayanan MPP Lombok Tengah bertambah