Wali Kota Mataram ajak kader PKK bergerak terpadu

id TP PKK Kota Mataram,Hari kesatuan gerak (HKG),Kota Mataram

Wali Kota Mataram ajak kader PKK bergerak terpadu

Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana (baju putih) membuka secara resmi puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak  (HKG) PKK ke-52 tingkat Kota Mataram di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pagutan, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, ditangani dengan pemukulan "Bendang Beleq", Kamis (25/7-2024). (ANTARA/HO-TP PKK Mataram)

Mataram (ANTARA) - Wali Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Mohan Roliskana mengajak para kader PKK bergerak bersama, terpadu, dan terukur, melaksanakan tugas masing-masing untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami memberikan apresiasi kepada segenap jajaran pengurus dan para kader PKK se-Kota Mataram yang telah melaksanakan tugas selama ini," katanya di Mataram, Kamis.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Mataram dalam peringatan puncak Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG) Ke-52 Kota Mataram yang dilaksanakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pagutan Mataram.

Ia mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram tentu tidak dapat berbuat banyak bagi kota itu apabila tidak dibantu oleh pengurus dan kader PKK.

Namun demikian berbagai tantangan ke depan makin komplek. Sebab itu pihaknya berharap semua elemen, baik pemerintah, PKK, dan masyarakat, dapat terus bergerak bersama bahu membahu mengurangi berbagai macam persoalan di Kota Mataram.

"Tetap bergerak secara terpadu," ucap Mohan Roliskana. 

Terlebih lagi, kata dia, Kota Mataram masih dihadapkan pada beberapa persoalan sosial, seperti kemiskinan ekstrem dan  stunting.

Upaya terpadu seluruh elemen, lanjutnya, telah menampakkan hasilnya dimana kota Mataram beberapa waktu menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo atas prestasi penurunan angka kemiskinan ekstrem. Demikian pula dengan penurunan angka stunting, ditargetkan turun mencapai lima persen akhir tahun ini. 

"Karena itu, para kader dan TP PKK dapat terus bersinergi dengan baik, bergerak secara terpadu dan terukur," katanya.

Baca juga: Tekan ego, PKK Mataram ajak ibu jadi sosok orang tua canggih

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Mataram Kinnastri Mohan Roliskana saat membacakan sambutan Ketua Umum PKK Pusat Tri Tito Karnavian menyampaikan HKG PKK ke-52 dapat membawa semangat dan energi baru pada setiap langkah seluruh kader PKK untuk bergerak bersama mensukseskan program pemerintah.

"Bergerak bersama mengandung makna keseragaman gerak kader PKK bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga rakyat Indonesia," katanya.

Di sisi lain, dalam peringatan puncak HKG ke-52 2024 tingkat Kota Mataram, berbagai kegiatan dilaksanakan TP PKK Kota Mataram diantaranya, berbagai lomba yakni Lomba Senam Gerak Cegah Stunting, Lomba Poksus UP2K, Lomba Presentasi Pencegahan Pernikahan Anak, Lomba Kader Berprestasi serta dimeriahkan dengan 2 jenis Lomba memasak yakni Lomba Masak Serba Ikan dan Lomba Pengolahan Pangan Lokal yang diikuti oleh para kader perwakilan masing-masing kecamatan/kelurahan se-Kota Mataram.

Terkait dengan itu, Ketua TP PKK Kota Mataram mengatakan sangat gembira melihat antusias para kader untuk mengikuti berbagai Lomba. 

"Terutama Lomba Senam Gerak Cegah Stunting, yang penampilan para peserta begitu memukau, ibarat Lomba tingkat nasional," Kinnastri yang belum lama ini membawa Tim Senam Perwosi NTB berlaga di Lomba Senam Kreasi Tingkat Nasional di Jakarta.

Baca juga: PKK Mataram mengajak masyarakat sukseskan Bulan Penimbangan Balita

Puncak peringatan HKG  PKK Kota Mataram ke-52 dibuka Wali Kota Mataram ditandai oleh pemukulan "Gendang Beliq" serta pemotongan tumpeng. 

Selain itu di area pelaksanaan kegiatan, terdapat bazar UMKM, layanan kesehatan dan layanan KB. Para kader TP PKK Kota Mataram yang berjumlah 2.800 orang tumpah ruah di areal RTH untuk mengikuti kegiatan puncak HKG, mereka juga dibanjiri oleh berbagai "doorprize" untuk dibawa pulang.  

Dari enam mata lomba yang dipertandingkan, para juara Lomba mendapat hadiah berupa "trophy" dan uang pembinaan dan Kecamatan Cakranegara keluar sebagai Juara Umum. 

Hadiah Juara Umum dalam Rangka Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 ini rencananya akan diserahkan pada Puncak HUT Kota Mataram pada 31 Agustus 2024.

Baca juga: Pemkot Mataram menyiapkan 25 stan UMKM saat jambore kader PKK