PKK Mataram mengajak masyarakat sukseskan Bulan Penimbangan Balita

id PKK Mataram ajak partisipasi bulan penimbangan

PKK Mataram mengajak masyarakat sukseskan Bulan Penimbangan Balita

 Ilustrasi: kegiatan imunisasi di salah satu posyandu di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), mengajak partisipasi masyarakat untuk menyukseskan Bulan Penimbangan Balita yang dilaksanakan di posyandu secara serentak selama Agustus.

"Kita harapkan para orang tua yang memiliki bayi dan balita, bisa berpartisipasi dengan datang ke posyandu keluarga di lingkungan masing-masing," kata Ketua TP PKK Kota Mataram Kinnastri Mohan Roliskana di Mataram, Minggu.

Bulan Penimbangan Balita, katanya, bertujuan memantau pertumbuhan dan perkembangan anak melalui penimbangan berat badan dan pengukuran panjang atau tinggi badan pada balita usia 0-59 bulan yang dilaksanakan di posyandu secara serentak pada bulan Agustus. "Selain itu bulan penimbangan juga dirangkaikan dengan pemberian vitamin A," katanya.

Menurutnya, melalui partisipasi masyarakat ini apa yang menjadi target pemerintah untuk mewujudkan generasi sehat dan berkualitas bisa tercapai. Selain itu Bulan Penimbangan Balita sekaligus untuk memantau kasus stunting di Kota Mataram yang saat ini menjadi program prioritas untuk penurunan.

Hasil penimbangan terakhir, kata dia, kasus stunting di Kota Mataram berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Mataram tercatat 15,6 persen atau 3.999 anak. "Dengan berbagai program, Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram menargetkan penurunan angka stunting sebesar 14 persen," katanya.

Harapannya, lanjut Kinnastri, penimbangan balita di bulan Agustus ini bisa memberikan hasil penurunan kasus stunting di Kota Mataram. "Tapi bukan berarti kegiatan penimbangan hanya dilakukan bulan Agustus ini saja, melainkan tetap sampai akhir tahun 2023," katanya.

Baca juga: Pemberian vaksin HPV bagi siswa SD di Mataram didahului edukasi
Baca juga: Puluhan UMKM ramaikan bazar Jambore PKK NTB


Bulan penimbangan pada Februari dan Agustus digencarkan, kata dia,  untuk meningkatkan semangat dan partisipasi masyarakat datang lagi ke posyandu setelah vakum kegiatan pandemi COVID-19.