Pasific Caesar Surabaya memutus kontrak John Todd Purves

id Pasific Caesar Surabaya,John Todd Purves,IBL,bola basket

Pasific Caesar Surabaya memutus kontrak John Todd Purves

Pelatih Pasiric Caesar Surabaya John Todd Purves. (ANTARA/Ho/IBL)

Jakarta (ANTARA) - Pacific Caesar Surabaya berpisah dengan pelatih John Todd Purves setelah pelatih kawakan ini gagal mencegah Pacific terpuruk di dasar klasemen Indonesian Basketball League (IBL) 2024 dengan rekor 3-23, demikian laman IBL pada Senin.
 

Pada awal musim, Pacific hanya menang satu dari enam pertandingan. Ada dugaan promosi yang dilakukan tim ini kepada Diky Freedo sebagai pelatih kepala terlalu cepat. Diky tampak belum siap bersaing musim ini sehingga  manajemen mengambil langkah cepat dengan mendatangkan John Todd Purves pada Februari tahun ini.

Pelatih asal Amerika Serikat itu cukup akrab dengan basket Indonesia karena pernah menangani Indonesia Warriors (Satria Muda).  Dia membawa Indonesia Warriors menjuarai ABL pada  2012.  Dia menjabat konsultan tim aktif menggantikan Rajko Toroman untuk Petron Blaze Boosters mulai 2013, yang tugasnya membantu tim mencapai Final Piala Gubernur PBA 2013.,

Baca juga: Borneo Hornbills setelah evaluasi lepas Jamarr Johnson
Baca juga: Pelatih Ahang paparkan perbedaan Pelita Jaya era 2017 dan 2024


Sayang, semua itu tak berhasil membawa Pacific bangkit setelah tim asuhannya hanya memetik dua kemenangan atas Satya Wacana Salatiga dan Borneo Hornbills dari 20 pertandingan.

Sebelum Todd Purves, sejak 2020 hingga 2024, Pacific sudah ditangani enam pelatih, yaitu David Singleton (2020), R. Aries Herman (2021-2022), Sung Jae Sik yang diteruskan Oei A. Kiat pada 2023, dan terakhir Diky Freedo.
​​​