Buku West Java Outward Looking Strategy panduan kerja sama Jabar

id Pemprov Jabar,Pj Gubernur Jabar,Bey Machmudin,West Java Outward Looking Strategy,Kerja sama Luar Negeri Jabar

Buku West Java Outward Looking Strategy panduan kerja sama Jabar

Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin meluncurkan buku West Java Outward Looking Strategy di Gedung Sate Bandung, Jumat (23/8/2024). ANTARA/HO Pemprov Jabar

Bandung (ANTARA) -
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin meluncurkan buku West Java Outward Looking Strategy atau Peta Jalan Kerja Sama Luar Negeri Daerah yang akan menjadi panduan kerja sama luar negeri Jabar.

Bey menyampaikan bahwa buku West Java Outward Looking Strategy dirancang sebagai sebuah konsep peta jalan strategis yang memungkinkan Jabar berperan aktif pada kancah internasional, dan menjalin kemitraan global yang produktif serta menyelaraskan arah pembangunan daerah dengan visi Indonesia Emas 2045.

"Ini akan menjadi panduan dalam pelaksanaan kerja sama luar negeri yang mendukung keberhasilan pembangunan di Jabar," ujar Bey Machmudin di Gedung Sate Bandung, Jumat.

Buku yang disusun oleh tim dari Biro Otonomi Daerah Setda Jabar untuk menjadi referensi pemda provinsi serta pemda kabupaten dan kota dalam meningkatkan hubungan luar negeri, terutama kaitannya dengan kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan, pendidikan, maupun sektor lainnya.

Bey mengatakan, dalam konteks global yang dinamis, Jawa Barat harus mampu bersaing dan beradaptasi dengan perubahan, karena itu buku ini akan menggambarkan potensi desain peta jalan kerja sama luar negeri dan daerah.

Ia menuturkan, Jabar seharusnya bisa lebih maju dari saat ini karena memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, dan kerja sama dengan luar negeri menjadi salah satu cara mengembangkan potensi yang ada.

"Karena itu kita harus tahu apa yang mereka butuhkan dan Jabar punya banyak potensi, harusnya kita bisa lebih maju dari sekarang," ucapnya.

Baca juga: Tahu gejrot jadi makanan favorit Dubes Inggris
Baca juga: Politisi Jusuf Hamka pindah haluan, kini bertarung di Jabar


Bey berharap hadirnya buku West Java Outward Looking Strategy bisa dimanfaatkan dengan baik yang ke depannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

​​​​​​​"Yang penting adalah bagaimana memajukan Jabar dan kesejahteraan masyarakatnya," tuturnya.