Dukcapil siapkan motor layanan keliling bagi difabel di Mataram

id Dinas Dukcapil ,Kota Mataram,layanan motor keliling

Dukcapil siapkan motor layanan keliling bagi difabel di Mataram

Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram Miftahurrahman. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyiapkan dua unit motor layanan administrasi kependudukan (adminduk) untuk melayani para difabel, orang dengan gangguan jiwa (OGDJ), dan lanjut usia.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram Miftahurrahman di Mataram, Selasa mengatakan, dua motor layanan adminduk keliling tersebut setiap hari memberikan layanan jemput bola menyasar warga yang tidak bisa datang ke pusat layanan yang disiapkan karena berbagai keterbatasan.

"Ketika ada permintaan layanan adminduk ke para difabel, OGDJ, atau lanjut usia (lansia), petugas kami siap turun," katanya.

Baca juga: Dukcapil Mataram mulai membuka layanan adminduk di MPP

Menurutnya, keberadaan dua motor layanan adminduk keliling tersebut sangat membantu masyarakat dengan berbagai keterbatasan fisik dan mental untuk menerbitkan berbagai dokumen kependudukan.

Seperti, kartu tanda penduduk (KTP) elektronik, kartu keluarga, kartu identitas anak (KIA), dan adminduk lainnya.

Dengan kendaraan roda dua, petugas lebih mudah masuk ke gang-gang kecil untuk memberikan layanan langsung ke warga yang membutuhkan terutama para difabel, OGDJ, dan lanjut usia.

Baca juga: Layanan Adminduk Mataram akan pindah ke MPP

Namun demikian, lanjutnya untuk data riil jumlah difabel, OGDJ, dan lansia yang sudah dilayani dengan motor adminduk keliling ini belum dapat dirinci.

"Intinya motor adminduk keliling kami, siap melayani warga di 50 kelurahan se-Kota Mataram," kata Miftahurrahman yang juga menjabat sebagai Asisten II Setda Kota Mataram.

Sementara terkait dengan wajib KTP di Kota Mataram, menurutnya, saat ini terdapat sekitar 3.500-4.000 jiwa yang belum melakukan perekaman.

"Jumlah itu termasuk pemilih pemula, difabel, OGDJ, dan lansia," katanya.

Baca juga: Dukcapil Mataram membuka layanan adminduk di ruang publik

Sekretaris Dinas Dukcapil Kota Mataram H Lalu Ahmad Gunadi sebelumnya menambahkan, layanan adminduk keliling itu disebut "Motor Sikel"(Sarana Interaktif Kegiatan Layanan) Adminduk Kota Mataram, responsif, gesit, dan profesional.

Layanan adminduk melalui "Motor Sikel" ini, sama dengan layanan di Kantor Dinas Dukcapil, terutama untuk KTP elektronik. Pasalnya, "Motor Sikel" ini sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan, seperti alat perekam dan cetak KTP elektronik.

"Jadi masyarakat yang tidak bisa datang ke kantor kami bisa memanfaatkan layanan di 'Motor Sikel'. KTP serta dokumen kependudukan lainnya bisa langsung jadi jika semua syarat lengkap," katanya.


Baca juga: Kunjungan layanan adminduk di Dukcapil Mataram saat ramadhan stabil