Melatih kemampuan bela negara karyawan Amman Mineral

id bela negara,amman mineral,karakter karyawan,korem 162/wira bhakti

Melatih kemampuan bela negara karyawan Amman Mineral

Upacara Penutupan Bela Negara Angkata PT Amman Mineral Nusa Tenggaradi Induk Gerung, Lombok Barat. Foto PTAMNT

.....Sebagai perusahaan nasional Amman Mineral berharap seluruh karyawan memiliki kemampuan dasar bela negara, memiliki karakter pekerja profesional dengan disiplin tinggi, fisik yang tangguh, wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air.....
Mataram (Antaranews NTB) - Upaya membentuk karakter pekerja profesional yang memiliki sikap disiplin, fisik yang tangguh, wawasan kebangsaaan serta menanamkan rasa cinta tanah air nampaknya mendapat perhatian serius dari manajemen PT Amman Mineral Nusa Tenggara.

Sebagai perusahaan nasional Amman Mineral berharap seluruh karyawan memiliki kemampuan dasar bela negara, memiliki karakter pekerja profesional dengan disiplin tinggi, fisik yang tangguh, wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air.

Karena itu sebanyak 1.000 karyawan dan aliansi dari perusahaan tambang temabaga dan emas Batu Hijau, Kabupaten Sumbawa Barat itu  mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) bela negara yang dilaksanakan bekerja sama dengan Korem 162/Wira Bhakti.
 
Pelatihan difokuskan untuk membentuk karakter pekerja profesional yang memiliki sikap disiplin, fisik yang tangguh, wawasan kebangsaaan serta menanamkan rasa cinta tanah air.

Hal ini sejalan dengan amanat UUD 1945, pasal 27 ayat (3) dan Pasal 30 ayat (1) serta Pasal 9 Undang-Undang Nomor  3 Tahun 2002  tentang pertahanan negara yang berbunyi setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara.

Diklat  bela negara bagi 1.000 karyawan Amman Mineral itu dibagi dalam beberapa angkatan, yakni angkatan 1  dan 2 telah telah selesai dilaksanakan mulai 30 April hingga 5 Juni  2018 dengan masing-masing durasi 10 hari.

sementara diklat Angkatan 3 mulai berlangsung, 10 Juli  2018 hingga 10 hari kedepan.  Hingga saat ini, sebanyak 100 orang karyawan telah selesai mengikuti pelatihan.

Wudi Rahardjo, General Manager Operations Amman Mineral mengatakan, sebagai perusahaan nasional Amman Mineral berharap seluruh karyawan memiliki kemampuan dasar bela negara, karakter pekerja profesional dengan disiplin tinggi, fisik yang tangguh, wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air.

Dia mengatakan nilai-nilai yang sudah didapatkan nantinya juga harus mampu ditumbuhkembangkan tidak hanya terbatas di lingkungan Amman Mineral tetapi juga dalam kehidupan bermasyarakat.

Seperti diketahui Amman Mineral adalah perusahaan tambang Indonesia yang mengoperasikan tambang Batu Hijau.

Perusahaan nasional ini  memiliki beberapa prospek lain yang sangat menjanjikan di area konsesi tembaga dan emas yang terletak di Kabupaten Sumbawa Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Tambang Batu Hijau adalah tambang tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia dan merupakan aset berkelas dunia.

Pemegang saham PT Amman Mineral Nusa Tenggara adalah PT Amman Mineral Internasional (82,2 persen) dan PT Pukuafu Indah (17,8 persen). PT Amman Mineral Internasional adalah perusahaan Indonesia yang pemegang sahamnya terdiri dari PT AP Investment (50 persen) dan PT Medco Energi Internasional Tbk (50 persen).Karyawan Amman Mineral Bela Negara angkatan #1 saat selesai upacara penutupan diklat Bela Negara di Pantai Induk, Gerung Barat. Foto PTAMNT
Karyawan Amman Mineral Bela Negara angkatan #1 saat selesai upacara penutupan diklat Bela Negara di Pantai Induk, Gerung Barat. Foto PTAMNT
Komandan Korem 162 Wira Bhakti Kolonel Czi Ahmad Rizal Rhamdani  mengaku senang manajemen Amman Mineral menyambut baik dan memiliki komitmen tinggi untuk mendukung program yang bertujuan untuk mempertebal rasa cinta tanah air di kalangan para profesional.

Ia berharap pelatihan yang diberikan kepada peserta ini nantinya dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Materi pelatihan yang diberikan kepada peserta diantaranya empat Pilar Kebangsaan, Kepemimpinan, Peraturan Baris Berbaris, loyalitas, ilmu medan kompas Karyawan Amman Mineral Bela Negara angkatan .

Saat ini proyek Batu Hijau yang dikelola oleh Amman Mineral didukung oleh lebih dari 5200 orang karyawan dan mitra bisnis, dimana lebih dari 75 prsen berasal dari lokal Nusa Tenggara Barat (NTB).

Program pelatihan dan pengembangan karyawan secara periodik dilakukan dengan tujuan agar para karyawan memiliki kemampuan dan ketrampilan sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang mereka lalukan dan kebutuhan bisnis.

Tidak dapat ditawar

Sejatinya pendidikan bela negara bagi seluruh warga negara adalah hal yang penting dan tidak dapat ditawar lagi. Hal ini dipandang relevan dan strategis, di samping untuk pembinaan pertahanan negara juga berguna untuk meningkatkan pemahaman dan penanaman jiwa patriotisme dan cinta Tanah Air.

Korem 162/WB sesuai dengan tugas pokoknya dibidang teritorial salah satunya melakukan pendataan dan pembinaan terhadap seluruh komponen bangsa untuk menciptakan ruang, alat dan kondisi perjuangan (Rak juang) yang tangguh dibidang pertahanan.

Di lingkungan pekerjaan, pembinaan kesadaran bela negara diberikan kepada para pegawai  dengan  tujuan agar kesadaran bela negara dapat disosialisasikan dan diinternalisasikan di lingkungannya masing-masing, sehingga nilai-nilai bela negara menjadi landasan sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Sehubungan dengan pentingnya kesadaran bela negara bagi setiap warga negara, Korem 162/WB kembali  menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bela negara yang diikuti oleh karyawan Aman Mineral.
Komandan Korem 162 Wira Bhakti, Kolonel Czi Ahmad Rizal Rhamdani memeriksa barisan peserta diklat Bela Negara angkatan #3 karyawan Amman Mineral, 10 Juli 2018 di Mataram. Foto PTAMNT
Hakikat pertahanan negara adalah segala upaya pertahanan bersifat semesta yang penyelenggaraannya didasarkan pada kesadaran hak dan kewajiban warga negara serta keyakinan pada kekuatan sendiri.

Dalam hal ini Amman Mineral yang merupakan salah satu badan hukum  yang bergerak  dibidang pertambangan harus memiliki kesadaran akan pentingnya Pendidikan Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara.

Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dihajatkan  untuk melatih jiwa kepemimpinan dalam memimpin diri sendiri ataupun kelompok, menghilangkan sikap negatif seperti malas, apatis, boros, egois, dan tidak disiplin.

Selain itu membentuk sikap disiplin akan waktu, aktivitas dan juga pengaturan kegiatan lain.  Kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk perilaku jujur, tegas, adil, serta kepedulian antar sesama.

Di samping itu juga untuk membentuk jiwa kebersamaan serta solidaritas antarsesama rekan seperjuangan serta untuk membentuk mental dan juga fisik yang tangguh. Adv (*)