Lifter Dewani sempat didera kecemasan sebelum akhirnya meraih medali emas

id pon aceh-sumut 2024,angkat besi,dewani ramadhan

Lifter Dewani sempat didera kecemasan sebelum akhirnya meraih medali emas

Lifter Jawa Barat, Dewani Ramadhan, berfoto setelah jumpa pers pertandingan angkat besi kelas 76 kilogram putri Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024, di GOR Seramoe, Banda Aceh, Sabtu (7/9/2024). (ANTARA/RAUF ADIPATI)

Jakarta (ANTARA) - Lifter Jawa Barat, Dewani Ramadhan, sempat didera kecemasan terhadap diri sendiri, sebelum akhirnya mampu meraih memenangi medali emas cabang angkat besi kelas 76 kilogram putri Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024, di GOR Seramoe, Banda Aceh, Sabtu.

“Tidak. Tidak kebayang (memenangi medali emas). Cuma mungkin aku agak salah ya tadi tuh dari pagi tuh mikirnya negatif terus, bagaimana kalau gagal, padahal mestinya kita mikir bagaimana kalau berhasil. Tapi alhamdulillah bisa melawan pas di pemanasan. Melawan diri sendiri,” kata Dewani kepada Antara.

Dewani yang baru pertama kali mengikuti PON itu memaparkan bahwa dirinya juga mengalami tekanan karena ekspektasi banyak orang.

“Wah pressure banget soalnya apalagi kan sampai semalam gak bisa tidur, takut, orang-orang kan ngarepinnya ayo bisa, ini, itu, agak berat, tapi alhamdulillah bisa mencapai target,” tuturnya.

Atlet 18 tahun itu sempat mencoba untuk memecahkan rekor PON dengan mengangkat beban seberat 121 pada angkatan clean and jerk ketiganya, sayangnya ia gagal dalam percobaan angkatan itu.

Baca juga: Hari Minggu, 14 emas diperebutkan pada PON 2024 di Sumut
Baca juga: Jadwal semifinal Pertandingan basket PON Aceh-Sumut 2024


“Alhamdulillah memuaskan tadi ya sesuai harapan aku kan aku juga sudah pelatda dari bulan Januari, sudah sembilan bulan gitu di Pelatda. Cuma tadi kan rencananya insya Allah pengen mecahin rekor nasional 120 jadi 121 cuma meleset sedikit di jerknya gagal. Mungkin lain waktu,” tutur atlet binaan Kota Bogor itu.

Setelah memenangi medali emas PON, Dewani bersiap menatap ajang-ajang berikutnya. Menurut Dewani, ajang terdekat yang akan diikutinya adalah seleksi nasional untuk SEA Games 2025.

“Persaingannya sama yang itu tadi, sama yang perak (Nadita Aprilia), sama yang perunggu (Melinda Gusti). Mungkin kami bertiga. Kebetulan aku naik kelas tadinya 71 (kilogram) di BK (Babak Kualifikasi), sekarang 76 (kilogram), jadi baru pertama kali aku ketemu mereka,” tutup Dewani.