Lima unit rumah terbakar di Sumbawa

id Rumah Terbakar,Sumbawa,Pemadam Kebakaran,Kobaran Api

Lima unit rumah terbakar di Sumbawa

Petugas pemadam kebakaran bersama warga memadamkan api yang membakar 5 unit rumah di Dusun Banda, Desa Banda, Kecamatan Tarano, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Senin pagi (16/9/2024). ANTARA/HO-Damkartan Sumbawa

Sumbawa (ANTARA) - Sebanyak 5 unit rumah warga di Dusun Banda, Desa Banda, Kecamatan Tarano, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) terbakar, pada Senin pagi (16/9).  

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Kabupaten Sumbawa, Sahabuddin, menyebutkan, dari seluruh rumah yang terbakar, 3 unit rata dilalap api, sedangkan sisanya hanya terdampak.

Ketiga rumah yang rata dengan tanah tersebut, terdiri atas satu unit rumah semi permanen milik H Mansur, dan 2 unit rumah panggung milik Ahmad Aminollah dan Mustafa.

"Kondisi tiga rumah 100 persen hangus terbakar. Dua rumah di dekatnya juga terkena api, ada yang dindingnya terbakar sebagian ada yag atapnya kena api," katanya.

Baca juga: Kebakaran rumah panggung di Sumbawa diduga karena api kompor gas

Dari informasi yang diperoleh petugas pemadam kebakaran, peristiwa kebakaran lima unit rumah tersebut bermula dari api yang pertama kali muncul dari rumah Ahmad Aminollah.

Kobaran api dengan cepat membesar karena angin tiupan cukup kencang, serta jauhnya pos pemadam kebakaran Kecamatan Plampang ke lokasi kejadian, sehingga api menyambar dua rumah lainnya.

Api berhasil dipadamkan setelah satu unit mobil pemadam kebakaran dari Pos Plampang diterjunkan ke lokasi kejadian. Pemadaman api dilakukan oleh petugas bersama-sama warga.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp600 juta. Sementara, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.