Huswatun Hasanah pertahankan emas tinju NTB di PON XXI Aceh-Sumut

id NTB,PON Aceh-Sumut 2024,NTB Raih Emas dari Tinju,tinju pon,Huswatun Hasanah

Huswatun Hasanah pertahankan emas tinju NTB di PON XXI Aceh-Sumut

Petinju putri Provinsi Nusa Tenggara Barat, Huswatun Hasanah berhasil mengamankan satu medali emas dari cabang olahraga tinju di PON Aceh-Sumut 2024, Kamis (19/9/2024). (ANTARA/KONI NTB).

Mataram (ANTARA) - Petinju putri Nusa Tenggara Barat, Huswatun Hasanah berhasil mengamankan satu medali emas dari cabang olahraga tinju di PON Aceh-Sumut 2024.

Pada partai final tinju yang berlangsung di Aula Universitas HKBP Nommensen, Pematang Siantar, Sumut, Kamis. Huswatun yang turun di kelas 60-63 kilogram mengalahkan wakil NTT Dominika Asnat Bayo.

Sebelum menembus partai final, Huswatun melakoni tiga pertarungan yang berat. Pada babak awal, Huswatun menghadapi wakil tuan rumah Sumatera Utara Merviana Efrida Nengsih. Kemudian di perempat final, Huswatun dihadang petinju Jawa Barat Ildawati.

Baca juga: Rini Kurniati pertahankan emas kempo untuk NTB di PON XXI Aceh-Sumut

Pada babak semifinal, Huswatun berhadapan dengan Jubaitul asal Kalimantan Timur. Jubaitul sebelumnya adalah petinju NTB yang turun di sejumlah pentas PON, termasuk PON Papua 2021. Menghadapi mantan rekannya, Huswatun tampil perkasa dan mengamankan tempat di babak final.

"Alhamdulillah apa yang ditargetkan untuk Huswatun bisa tercapai. Dari awal dia sudah tampil sangat bagus sampai akhir," ujar Manajer Tinju NTB Jamuhur melalui telepon dari Mataram.

Baca juga: NTB raih dua emas dari tarung derajat di PON XXI Aceh-Sumut

Selain medali emas, cabang tinju juga meraih satu medali perak dan satu medali perunggu. Satu medali perak diraih Endang di kelas 45-48 kilogram. Kemudian satu medali perunggu disumbangkan petinju putra Saputra Samada yang turun di kelas 67-71 kilogram.

Ketua KONI NTB Mori Hanafi mengapresiasi perjuangan petinju-petinju NTB. Dari empat petinju yang diturunkan, tiga di antaranya berhasil membawa pulang medali.

"Satu medali emas dari tinju sangat ditunggu. Karena tinju memang jadi cabang unggulan NTB yang ditargetkan medali emas. Alhamdulillah bisa mewujudkan target medali emas-nya," katanya.


Baca juga: Pasangan Ade/Sofyan sumbang emas PON XXI untuk NTB dari voli pasir