Alhamdulillah!! NTB raih penghargaan penataan ruang laut dari KKP.

id NTB,penghargaan penataan ruang laut dan Pokmaswas 2024,Dinas Kelautan dan Perikanan NTB,Pemprov NTB

Alhamdulillah!! NTB raih penghargaan penataan ruang laut dari KKP.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, Muslim (tengah) menerima penghargaan terbaik nasional atas ketaatan dan kepatuhan dalam penataan ruang perairan laut, pesisir, dan pulau-pulau kecil di Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Pemprov NTB).

Mataram (ANTARA) - Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) meraih penghargaan terbaik nasional atas ketaatan dan kepatuhan dalam penataan ruang perairan laut, pesisir, dan pulau-pulau kecil dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Penghargaan ini merupakan bukti komitmen pemerintah daerah dalam mengelola wilayah perairan secara berkelanjutan," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi NTB Muslim dalam keterangan diterima di Mataram, Jumat.

Penghargaan tersebut diterima oleh Gubernur NTB diwakili oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi NTB Muslim di Bogor, Jawa Barat. 

Komitmen Pemprov NTB itu melalui beberapa langkah strategis daerah, di antaranya dibentuk badan layanan umum (BLU) yang fokus dalam pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan (SDKP).

Baca juga: NTB Raih Tiga Kategori Penghargaan Paritrana Award 2024

"Serta hadirnya beberapa kebijakan daerah yang berpihak pada pola pengelolaan SDKP yang berkelanjutan termasuk pergub (peraturan gubernur) tentang tata kelola kakap kerapu, pergub tata kelola hiu paus dan beberapa regulasi strategis lainnya," katanya.

Selain itu, Kelompok Masyarakat Pengawas Perikanan (Pokmaswas) Kompas, Dusun Poton Bako, Desa Jerowaru, Lombok Timur, yang merupakan salah satu kelompok masyarakat pengawas binaan Dislutkan NTB meraih dua penghargaan, yakni juara pertama Kelompok Masyarakat PKPRL (Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut) dan juara kedua Pokmaswas Teladan Nasional Adhibakti Mina Bahari.

"Prestasi ini menunjukkan pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga kelestarian sumber daya laut dan pesisir," katanya.

Baca juga: NTB kembali raih WTP ke-13 kali atas laporan keuangan

Muslim mengatakan Dislutkan NTB berkomitmen untuk terus mendorong partisipasi masyarakat dalam pengawasan dan perlindungan ekosistem laut.

"Keberhasilan ini diharapkan dapat memperkuat perlindungan kawasan perairan NTB serta memastikan pemanfaatannya secara berkelanjutan," katanya.

Baca juga: Pemprov NTB raih penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan