CIMB Niaga mendorong industri kreatif di Ubud Writer

id Ubud Writer and Readers Festival ,CIMB Niaga ,Pertunjukan Goenawan Mohamad ,Yayasan Mudra Swari Saraswati,Ekonomi kreati

CIMB Niaga mendorong industri kreatif di Ubud Writer

Branch Area Head Indonesia Timur & Bali Nusra Region Area III CIMB Niaga Widhi Nugraha Wardana (kiri depan) memberikan sambutan pada acara konferensi pers Ubud Writer and Readers Festival 2024 di Museum Puri Lukisan, Ubud, Bali, Rabu (23/10/2024). ANTARA/Naufal Fikri Yusuf

Ubud, Bali (ANTARA) -
PT. Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mendorong industri kreatif dan seni budaya di Indonesia, salah satunya melalui partisipasi mendukung perhelatan Merasa Sastra CIMB Niaga yang digelar dalam rangkaian Ubud Writers & Readers Festival 2024.
 
Branch Area Head Indonesia Timur & Bali Nusra Region Area III CIMB Niaga Widhi Nugraha Wardana di Museum Puri Lukisan, Ubud, Bali, Rabu menyatakan CIMB Niaga mendukung pertumbuhan UMKM, ekonomi kreatif serta budaya lokal melalui inisiatif digitalisasi di Ubud Writer and Readers Festival pada 23-27 Oktober 2024 di Museum Puri Lukisan, Ubud, Bali.
 
“Partisipasi kami di UWRF 2024 sejalan dengan upaya CIMB Niaga untuk mendorong adopsi teknologi digital di kalangan pelaku UMKM, yang memiliki peran penting dalam pengembangan ekonomi Indonesia,” kata Widhi.
 
Ubud Writer and Readers Festival merupakan acara tahunan yang menjadi wadah penting bagi penggiat sastra, budaya, dan ekonomi kreatif dari berbagai negara. 
 
Para penulis pemenang penghargaan, jurnalis terkemuka, dan komentator politik akan berpartisipasi di lebih dari 200 program yang beragam untuk mendorong dialog, menginspirasi perubahan, dan memperkuat komunitas sastra, baik di tingkat lokal maupun global.
 
Adapun Merasa Sastra CIMB Niaga UWRF 2024 menjadi ajang yang menampilkan berbagai pertunjukan menggabungkan seni, musik, dan literasi yang akan berlangsung di Museum Puri Lukisan, Ubud, Bali.

Baca juga: Ruang penurunan BI-Rate tergantung prospek inflasi dan nilai tukar
 
Dalam acara ini, untuk pertama kalinya, Den Kisot, sebuah adaptasi wayang golek dari Don Quixote de la Mancha karya sastrawan Goenawan Mohamad, akan dipentaskan di halaman Museum Puri Lukisan. 
 
Para peserta festival akan mendapatkan kesempatan unik untuk menyaksikan pemutaran perdana dari perpaduan luar biasa antara seni tradisional Indonesia dan elemen kontemporer. 
 
Selain pertunjukan istimewa tersebut, para pengunjung Merasa Sastra CIMB Niaga  UWRF 2024 juga dapat menikmati konser Sal Priadi bersama Petra Sihombing tanpa biaya dengan mengunduh aplikasi digital banking CIMB Niaga, OCTO Mobile, dan mengaktifkan OCTO Pay. 
 
Melalui dukungan ini, CIMB Niaga menghadirkan berbagai solusi digital untuk memudahkan transaksi selama acara, termasuk layanan aplikasi digital banking OCTO Mobile dan uang elektronik OCTO Pay yang menawarkan pengalaman bertransaksi lebih cepat dan aman. 
 
Dalam rangkaian kegiatan UWRF 2024, kata Widhi, para pengunjung dapat menikmati aktivitas dan promo di berbagai merchant, seperti cashback 50 persen dengan Scan QRIS dari OCTO Mobile dengan sumber dana OCTO Pay, cicilan 0 persen hingga 12 bulan menggunakan kartu kredit CIMB Niaga, hemat hingga 100 persen dengan menukarkan Poin Xtra, cashback 50 persen  di OCTO Vending, hingga nail art, dan permainan seharga Rp1.000, serta kompetisi interaktif nan menarik untuk memenangkan hadiah eksklusif.
 
Tidak hanya itu, CIMB Niaga juga mengajak pengunjung untuk berpartisipasi dalam program sosial donasi buku layak baca melalui inisiatif Satu Juta Buku untuk Kejar Mimpi.
 
"Kehadiran kami di UWRF 2024 diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi, seni, dan budaya bagi kemajuan Indonesia, sekaligus memperkuat peran UMKM di era digital,” ujar Widhi.

Baca juga: Pj Bupati Lombok Timur apresiasi peran ponpes dalam majukan pendidikan
 
Sementara itu, Ketua Yayasan Mudra Swari Saraswati Ketut Suardana mengatakan pihaknya menggandeng banyak mitra strategis selain CIMB Niaga untuk mendukung ajang bertaraf internasional tersebut.
 
"Kami tidak bisa kerja sendiri untuk mempromosikan Bali. Saya yang harus selalu berteman di dunia internasional karena kita sebagai destinasi pariwisata dunia," katanya.
 
Dia mengatakan keberadaan Ubud Writer and Readers Festival kini dan untuk selanjutnya dapat selalu memberikan suatu kontribusi baik untuk sastrawan dan ekonomi masyarakat di sekitar Ubud, Bali.
 
Dia ingin Ubud Writer and Readers Festival sebagai bagian dari icon promosi pariwisata Indonesia.