SMF salurkan KPR IB pascagempa di Lombok

id KPR IB

Mataram (Antaranews NTB) - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) ikut berkontribusi untuk memulihkan kondisi setelah gempa bumi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, dengan menyalurkan kredit perumahan rakyat (KPR) iB kepada masyarakat di provinsi tersebut, terutama aparatur sipil negara (ASN).

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo, melalui keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Jumat, mengatakan produk KPR iB SMF setelah bencana adalah program kepemilikan rumah dengan tujuan untuk mendukung program pemerintah terkait pemulihan pemukiman yang terdampak akibat bencana.

"Melalui fasilitas pembiayaan tersebut, diharapkan pembangunan kembali atau perbaikan rumah yang rusak di daerah terdampak bencana akan segera terealisasi," katanya.

SMF meluncurkan produk tersebut pada akhir Januari 2019 lalu dengan menggandeng Bank NTB Syariah sebagai bank penyalur KPR.

Penandatanganan naskah kerja sama SMF dengan Bank NTB Syariah dilakukan di pendopo Gubernur NTB, pada Kamis (28/2). Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan akad perjanjian oleh beberapa ASN untuk memanfaatkan produk KPR iB SMF.

Sebagai langkah awal, kata Ananta, produk pembiayaan disediakan SMF bagi 3000 ASN, dengan skema khusus.

"Ada beberapa ASN telah menandatangani akad untuk memanfaatkan produk KPR iB SMF pascabencana. Kami harapkan, ribuan ASN lainnya juga akan memanfaatkan fasilitas ini.? Kami ingin pembangunan atau perbaikan rumah yang terdampak di wilayah NTB, segera dapat terealisasi," ujarnya.

Selain membantu pemulihan pemukiman, menurut dia, program KPR iB SMF pascabencana juga diharapkan dapat memberikan efek domino pada pemulihan aktivitas ekonomi masyarakat di area terdampak.

"Dengan adanya pembangunan kembali atau renovasi rumah yang rusak, diharapkan akan dapat menyerap tenaga kerja sehingga menjadi sumber penghasilan baru bagi warga," ucap Ananta.

Sebagai BUMN di bawah Kementerian Keuangan, SMF menjalankan perannya sebagai "Special mission vehicle" untuk penyediaan dana jangka menengah - panjang dalam pembangunan rumah yang layak dan terjangkau.

Produk KPR iB SMF pascabencana merupakan salah satu inovasi yang dilakukan SMF dalam menjalankan perannya tersebut.