Wali kota Mataram mengajak kader terus dukung program KB

id KB,mataram,wali kota

Wali kota Mataram mengajak kader terus dukung program KB

Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh memberikan pengarahan kepada ratusan kader keluarga berencana se-Kota Mataram. ANTARA/Humas Pemkot Mataram

Mataram (ANTARA) - Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengajak para kader Keluarga Berencana di kota itu terus mendukung menyukseskan program keluarga berencana di Ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat itu.

"Kader KB ini merupakan ujung tombak dari program keluarga berencana yang telah dicanangkan pemerintah sehingga pengendalian penduduk di Mataram dapat ditekan," katanya di Mataram, Rabu.

Wali kota menyampaikan hal tersebut pada kegiatan pertemuan dalam rangka peningkatan kapasitas kader Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kota Mataram yang dilaksanakan Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Mataram yang dihadiri 806 kader KB se-Kota Mataram di Aula Pendopo Wali Kota Mataram.

Dikatakan, keberadaan kader KB ini tidak bisa dianggap sepele, sebab tanpa adanya keterlibatan para kader, belum tentu program KB di daerah ini berjalan sukses.

Karenanya, wali kota memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para kader KB karena secara kuantitas jumlah kader KB yang ada di Kota Mataram sudah cukup untuk melayani dan melaksanakan tugas-tugas dalam mensukseskan keluarga berencana dan kesejahteraan warga masyarakat Kota Mataram serta dalam upaya pengendalian keluarga berencana.

"Kalau masalah kualitas, Alhamdulilah saya sangat bersyukur meski tidak bisa turun langsung tapi saya tahu persis bahwa ibu-ibu sudah bekerja keras di tengah-tengah kita," katanya.

Dalam kesempatan itu, wali kota menjelaskan bahwa maksud dari peningkatan kapasitas dalam pertemuan ini adalah untuk bisa memberikan bobot dan memprioritaskan kembali tugas-tugas para kader yang sangat besar di tengah-tengah masyarakat.

"Kata kuncinya bahwa manakala kita ingin sukses dan berhasil dengan tugas-tugas pemerintah tidaklah mungkin tanpa peran masyarakat, karena masyarakat bukan hanya objek pembangunan akan tetapi sekaligus subjek pembangunan," katanya.

Plt Kepala Dinas DPPKB Hj Baiq Evi Ganevia sebelumnya mengatakan, selain ajang silaturahmi, pertemuan itu juga sebagai tempat para kader KB bertukar nformasi maupun persoalan yang dihadapi.

Evi juga mengatakan bahwa tugas dari para Kader KB tidaklah ringan, mereka ikut menentukan keberhasilan dari tugas pekerjaan Dinas DPPKB. antara lain bisa menekan laju pertumbuhan penduduk, meningkatkan angka kelahiran normal, meningkatkan pemakaian kontrasepsi, menurunkan angka kelahiran kematian.

"Karena itulah, keberadaan para kader KB merupakan ujung tombak yang sangat membantu peningkatan dan capaian program Dinas DPPKB," ujar Evi yang juga menjabat sebagai Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kota Mataram.
 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar