Damkar Jaktim mengevakuasi ular kobra dan sanca dari kantor P2TP2A

id ular kobra,jaktim

Damkar Jaktim mengevakuasi ular kobra dan sanca dari kantor P2TP2A

Petugas Sudin PKP Jakarta Timur memperlihatkan ular kobra yang dievakuasi di Kantor P2TP2A Jatinegara, selain juga juga ditemukan ular sanca sepanjang empat meter, Sabtu (21/12/2019). (ANTARA/HO-Sudin PKP Jakarta Timur)

Jakarta (ANTARA) - Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur mengevakuasi dua ekor ular berjenis kobra dan sanca yang ditemukan saat sedang kerja bakti di salah satu perkantoran di wilayah tersebut, Sabtu.

"Jadi lagi kerja bakti di perkantoran ditemukan dua ekor ular itu, sanca dan kobra," kata Kepala Ops Sudin PKP Jakarta Timur, Gatot Sulaeman saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta.

Gatot menjelaskan kerja bakti dilakukan di Kantor Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak
(P2TP2A) di Jalan Jatinegara Kaum, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Kejadian penemuan dilaporkan pukul 08.10 WIB, petugas Sudin PKP Jakarta Timur tiba di lokasi pukul 08.20 WIB dengan mengerahkan enam orang personel penyelamatan satwa liar.

Ular ditemukan bersembunyi di dalam tanah di belakang kantor P2TP2A Jatinegara, Jakarta Timur. Petugas melakukan evakuasi menggunakan peralatan seperti tongkat besi dan pakaian keselamatan.

Dalam video berdurasi empat menit 45 detik yang disebarkan petugas Sudin PKP Jakarta Timur, terlihat upaya petugas melakukan evakuasi menggunakan tongkat panjang dan baju pemadam kebakaran.

Alhasil ular kobra dan sanca sepanjang empat meter berhasil dievakuasi dari kantor P2TP2A Jatinegara tersebut.

"Jadi ada dua ular kobra dan sanca, panjang ular sanca empat meter," kata Gatot.

Menurut Gatot, selama beberapa pekan terakhir ini sudah sering ditemukan dan dievakuasi sejumlah ular di wilayah Jakarta Timur.

Beberapa kejadian yang dirangkum ANTARA, seperti pada Selasa (17/12) seekor induk ular kobra ditemukan di plafon rumah warga di Kelapa Dua Wetan, Ciracas.

Lalu, pada Jumat (13/11) petugas Sudin PKP juga telah mengevakuasi satu ekor anak ular kobra sepanjang 30 sentimeter dari pemukiman warga di Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Selengkapnya baca di sini

Dan pada Rabu (11/12) petugas mengevakuasi sembilan ekor ular kobra liar yang meresahkan warga di kawasan Cakung, Jakarta Timur. Berita lengkapnya berikut ini