Mataram (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara resmi menetapkan tiga orang bakal calon bupati di tiga kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang akan diusung di Pilkada serentak 2024.

Ketua DPW PKB NTB Lalu Hadrian Irfani membenarkan keputusan DPP tersebut, setelah Desk Pilkada DPP PKB yang diketuai Gus Halim mengambil keputusan tersebut melalui serangkaian proses internal yang panjang.

"Iya benar, DPP PKB sudah menetapkan calon bupati di tiga kabupaten di NTB," ujarnya di Mataram, Minggu.

Baca juga: Wali Kota: Banyak calon di Pilkada Mataram makin baik untuk demokrasi

Tiga kabupaten di NTB tersebut, di antaranya Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Barat.

"Desk Pilkada DPP mengambil keputusan tersebut setelah melalui rangkaian uji kelayakan dan kepatutan di DPP," kata Hadrian Irfani.

Menurutnya, DPP PKB mengambil keputusan tersebut berdasar hasil survei, pendalaman visi-misi, kapasitas dan kapabilitas tokoh tersebut.

Adapun untuk Kabupaten Sumbawa Barat, PKB bakal mengusung Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa Barat saat ini yakni Amar Nurmansyah. Pada Pileg 2024, PKB berhasil mengamankan 3 kursi DPRD dari 25 kursi yang ada di Sumbawa Barat.

Baca juga: Dua politisi muda daftar Pilkada Mataram lewat Demokrat

Kemudian untuk Kabupaten Lombok Barat, PKB bakal mengusung Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Menang Lalu Ahmad Zaini atau LAZ. Di Lombok Barat, PKB berhasil mengoleksi 5 kursi pada pileg 2024 dari total 45 kursi yang tersedia.

Syarat mengusung pasangan calon di pilkada Lombok Barat adalah sekurang-kurangnya diusung parpol atau koalisi parpol yang memiliki 9 kursi DPRD

Terakhir, untuk Kabupaten Lombok Utara, PKB bakal mengusung Lalu Mukhsin Muhtar. Di Lombok Utara, PKB menjadi partai pemenang dengan torehan 6 kursi di pileg 2024. PKB pun menjadi satu-satunya partai yang dapat mengusung sendiri pasangan calon di pilkada yang akan di helat 27 November 2024 mendatang.

Baca juga: NasDem dan PKS berpotensi koalisi di Pilkada Lombok Tengah 2024

Kepada tiga nama tersebut, Lalu Ari sapaan akrabnya memberikan sejumlah arahan. Salah satunya, DPP memerintahkan untuk segera melengkapi partai koalisi dan menetapkan calon wakil bupati masing masing.

Dengan adanya keputusan tersebut, Lalu Ari juga meminta para calon bupati untuk berkoordinasi dengan struktur DPC PKB di kabupaten masing-masing.

"Dengan sudah diturunkannya rekomendasi tersebut, saya instruksikan pengurus DPC di tiga kabupaten untuk bergerak sosialisasi masif kepada seluruh pengurus PAC, ranting, anak ranting serta seluruh kader dan simpatisan PKB di masing-masing kabupaten," katanya.

Baca juga: KPU NTB resmi meluncurkan tahapan Pilkada 2024

Pewarta : Nur Imansyah
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024