Mataram (ANTARA) - Sebanyak 1.000 usaha mikro dan kecil (UMK) di Nusa Tenggara Barat (NTB) menerima sertifikat halal gratis klaim sendiri yang dapat memberikan rasa tenang bagi para konsumen untuk membeli produk mereka.   

Penjabat Gubernur NTB Hassanudin mengatakan sertifikat halal merupakan syarat wajib untuk menjamin produk-produk yang berkualitas dan aman bagi konsumen.  

"Pemberian sertifikat halal menjadi langkah strategis untuk meningkatkan daya saing produk lokal NTB di kancah nasional maupun internasional," ujarnya di Mataram, Rabu.

Hassanudin menuturkan NTB potensial untuk menjadi pusat industri produk halal terbesar di wilayah timur Indonesia.  

Baca juga: 20 jagal sapi di NTB mengantongi sertifikat juru sembelih halal

Menurutnya, peluang itu bisa diwujudkan dengan kolaborasi bersama semua pihak. Industri gaya hidup halal memiliki potensi yang sangat besar dari sisi keuntungan ekonomi dan lapangan pekerjaan.

"Sertifikat halal merupakan upaya pelaku UMK untuk mendapat kepercayaan bagi konsumen dengan menjamin produk-produk yang jual memiliki kualitas terbaik," kata Hassanudin.  

"Langkah ini sebagai upaya kami mendukung program pengembangan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Kami berharap bagi pelaku UMK memahami manfaat sertifikat halal, bukan hanya berkualitas tapi juga memenuhi standar halal yang baik," imbuhnya.

Baca juga: Disprinkop Mataram memberikan pendampingan kepemilikan sertifikat halal

Kegiatan penyerahan sertifikat halal bagi 1.000 pelaku usaha mikro dan kecil itu berlangsung di Asrama Haji Embarkasi Lombok yang berada di Mataram, Nusa Tenggara Barat, pada 17 Juli 2024.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Yulius, mengatakan penerbitan sertifikat halal membuka peluang usaha guna memandu pelaku UMK di pasar global.

Sertifikat halal sudah memakai standar dunia yang menentukan kualitas produk-produk lokal.

"Indonesia optimis menjadi pusat halal dunia, mengingat posisi Indonesia sebagai negara Muslim terbesar di dunia," pungkas Yulius.

Baca juga: Pemprov NTB apresiasi BCA fasilitasi 364 UMKM dapat sertifikat halal
Baca juga: Disperin NTB fasilitasi 120 IKM dapatkan sertifikat halal jelang MotoGP

 

Pewarta : Sugiharto Purnama
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024