Mataram (ANTARA) - Masyarakat kini kecanduan untuk melakukan berbagai aktivitas olahraga di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pagutan yang terletak di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Salah seorang pengunjung dari Merembu, Kabupaten Lombok Barat, bernama Moza mengatakan dirinya merasa ketagihan karena melihat fasilitasnya yang cukup memadai dan mendukung untuk berolahraga.

“Saya ke sini (RTH Pagutan) dua kali sehari, pagi dan sore untuk joging. Di sini tempatnya nyaman, luas, ramai, dan fasilitasnya juga lengkap dan bersih membuah kami ketagihan untuk datang lagi,” kata Moza di Mataram, Rabu.

Menurut dia, pemandangan alam terbuka dan udara segar membuat aktivitas joging di RTH Pagutan menjadi pilihan yang jauh lebih menyenangkan daripada di jalur biasa di tengah kota.

Hamparan rumput hijau yang luas, pepohonan rindang, serta udara segar yang jarang ditemui di kawasan perkotaan menjadi salah satu daya tarik pengunjung dari berbagai kalangan datang untuk menikmati fasilitas RTH Pagutan tersebut.

Banyak pengunjung terlihat memanfaatkan area rumput taman untuk berbagai kegiatan, seperti senam, piknik keluarga, atau sekadar duduk santai.

Selain sebagai tempat berolahraga dan bersantai, RTH Pagutan juga mendukung geliat ekonomi lokal. Hal itu terlihat dari beberapa pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang menjajakan aneka makanan dan minuman di sekitar kawasan parkir RTH Pagutan.

Baca juga: KPP Pratama Praya Loteng bersihkan sampah kawasan ruang terbuka hijau
Baca juga: Pemprov Jakarta bangun sepuluh taman di tiga wilayah selama 2024


"Saya jualan di sini biasanya dari pagi pukul 09.00 sampai 17.00 sore. Kalau hari libur mulai Jumat di sini lumayan ramai," kata pedagang kuliner UMKM bernama Alam.

Para pengunjung juga bisa menikmati kuliner lokal sambil menikmati suasana taman. Keberadaan RTH Pagutan tidak hanya memanjakan pengunjung, tetapi juga membantu para pelaku UMKM untuk terus berkembang.


Pewarta : PKL UIN Mataram
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024