Mataram (ANTARA) - Ikatan Alumni Yayasan Munirul Arifin (Yanmu) menyatakan dukungan mereka kepada calon gubernur Nusa Tenggara Barat nomor urut 3 Lalu Muhamad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

"Kami adalah sekelompok pemuda yang penuh semangat dan dedikasi, siap untuk berkontribusi dalam memenangkan Pasangan Iqbal Dinda di Pilkada nanti," kata pimpinan pusat Ikatan Alumni Yanmu, Elwani Pramesti, dalam pernyataan di Mataram, Senin.

Iqbal adalah mantan Duta Besar Indonesia untuk Turki yang kini menjadi bakal calon Gubernur Nusa Tenggara Barat. Sedangkan, Dinda merupakan mantan Bupati Bima periode 2016-2021.

Ikatan Alumni Yanmu kagum dengan sosok Iqbal atas komitmennya yang berfokus pada perubahan sosial untuk memberdayakan masyarakat di Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Cagub Iqbal janjikan perubahan di NTB

Saat ini alumni Yanmu yang berada di Nusa Tenggara Barat sebanyak 3.000-an orang. Dukungan itu diharapkan bisa menginspirasi komunitas dan memberikan semangat tambahan bagi pasangan Iqbal-Dinda dalam meraih kemenangan.

Ketua tim pemenangan Iqbal-Dinda bagian Lombok Tengah, Ahmad Mustanir, memandang Iqbal adalah sosok yang menarik dalam kancah politik dengan latar belakang sebagai diplomat dan juru bicara Kementerian Luar Negeri.

Menurutnya, latar belakang pekerjaan itu diyakini berkaitan dengan pengalaman yang luas dalam birokrasi dan hubungan internasional.

"Secara keseluruhan, Iqbal tampak memiliki visi yang jelas dan pengalaman yang relevan untuk memimpin Nusa Tenggara Barat dengan slogan yang sering dilontarkan secara singkat dan sederhana," pungkas Mustanir.

Baca juga: Nusra Institute : Iqbal-Dinda ungguli dua calon lain di Pilkada NTB 2024

Dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Nusa Tenggara Barat 2024, Komisi Pemilih Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Barat menetapkan tiga pasangan calon atau peserta dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Pasangan nomor urut 1 adalah Sitti Rohmi Djalilah dan Musyafirin yang didukung oleh PKB, Perindo, PDI Perjuangan, serta Partai Ummat. Kemudian, pasangan nomor urut 2 adalah Zulkieflimansyah dan Suhaili yang digawangi Partai NasDem, PKS, dan Demokrat.

Baca juga: Cagub Iqbal: Kesejahteraan warga di lingkar tambang jadi prioritas di NTB

Adapun pasangan nomor urut 3 adalah Lalu Muhamad Iqbal dan Indah Dhamayanti Putri yang didukung oleh PAN, Partai Gerindra, Golkar, PPP, PBB, Partai Hanura, Partai Gelora, Partai Garuda, serta PSI.

Waktu pemungutan suara akan berlangsung pada 27 November 2024 mendatang. Jumlah daftar pemilih tetap atau DPT tercatat sebanyak 3,96 juta pemilih yang tersebar pada 8.405 tempat pemungutan suara di 1.166 desa/kelurahan dan 117 kecamatan se-Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Cagub NTB Iqbal janji memajukan sektor pariwisata
Baca juga: Mengenal tiga pasangan calon kepala daerah NTB

Pewarta : Hanifia Himmatuzzainiah
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024