Dispar Mataram melatih puluhan pemandu wisata sambut gelaran WSBK

id dispar,pemadu,wisata,wsbk,mandalika

Dispar Mataram melatih puluhan pemandu wisata sambut gelaran WSBK

Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, memberikan pelatihan kepada puluhan pemandu wisata cagar budaya sebagai salah satu persiapan menyambut gelaran akbar balap motor dunia "World Superbike" (WSBK) 19-21 November 2021 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Jumat, mengatakan, pelatihan pemandu wisata diikuti sebanyak 40 orang yang merupakan perwakilan dari pemandu wisata cagar budaya di Mataram.

"Pelatihan bagi pemandu wisata, merupakan bagian menyiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk event WSBK pada November 2021 dan MotoGP tahun 2022," katanya.

Menurutnya, dalam kegiatan pelatihan pemandu wisata yang berlangsung pada 4-6 Oktober 2021, para pemandu wisata diberikan berbagai materi terkait dengan cagar budaya yang ada di Kota Mataram. Di antaranya Taman Mayura dan Kota Tua Ampenan.

Selain itu, para pemandu wisata juga diberikan informasi berbagai potensi objek wisata baik wisata alam, wisata kuliner maupun wisata belanja yang ada di Kota Mataram sebagai bagian promosi pariwisata.

Dengan harapan, sambung Denny, ketika mereka membawa tamu, para pemandu wisata bisa memberikan informasi yang jelas dan tepat terhadap objek wisata serta wisata belanja, termasuk wisata cagar budaya.

"Jadi, selain untuk menambah wawasan terkait dengan pariwisata dan cagar budaya, kegiatan pelatihan bagi itu juga menjadi ajang silaturrahmi antarpemandu wisata," katanya.