Kawasan Gunung Bongak Loteng dihijaukan

id Penghijauan

Kawasan Gunung Bongak Loteng dihijaukan

Kapolda NTB Irjem Pol Moh Iqbal saat melakukan penanaman pohon di Gunung Bongak, Desa Tumpak, Kabupaten Lombok Tengah, Sabtu (28/11/2021) (Humas Polres Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Dalam rangka merayakan hari menanam pohon Indonesia, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, bersama jajaran Polri dan TNI serta warga melakukan penanaman bibit pohon di kawasan Gunung Bongak, Desa Tumpak, Kecamatan Pujut.

"Kegiatan penanaman pohon ini untuk mendukung keberadaan destinasi wisata super prioritas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang asri dan nyaman," kata Kapolda NTB Irjen Pol Moh Iqbal dalam keterangan tertulisnya, di Praya, Ahad.

Kegiatan yang dilaksanakan itu mengangkat tema Gerakan NTB Hijau dan dihadiri Kapolres Lombok Tengah AKBP Hery Indra cahyono, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Tengah Supardiono, Kades Tumpak Rosadi dan Komunitas pecinta akan se-pulau Lombok.

"Jumlah bibit yang ditanam hari ini sekitar 13 ribu bibit dengan jenis pohon Gaharu 3 ribu bibit, Singon 2 ribu bibit, Trembesi 800 bibit, Nyamplung 1.000 bibit, Alpukat 250 bibit, Kelengkeng 500 bibit, Lamtoro 3 ribu bibit," katanya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda juga mengatakan tugas Polisi Republik Indonesia, yakni melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, namun Polri juga butuh bantuan dari para pemuda untuk turut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Gerakan seperti ini harus didukung oleh seluruh pihak dan sejalan dengan program kampung sehat yang telah dicanangkan oleh Polda NTB," katanya.

Kapolda NTB juga memberikan apresiasi, karena cara pandang para pemuda sudah maju dan sangat peduli terhadap lingkungan. Salah satu persyaratan dilaksanakannya ajang Internasional di Sirkuit Mandalika Lombok telah terlaksana yakni jumlah cakupan vaksin yang telah mencapai target sesuai yang ditentukan oleh Dorna Sports.

"Capai vaksinasi di Lombok Tengah telah tercapai sesuai dengan target. Namun, kita jagan abai dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19 tetap pakai masker," katanya.

Untuk diketahui, Sirkuit Pertamina Mandalika Internasional yang ada di KEK The Mandalika akan menjadi tuan rumah ajang MotoGP 2022 dan Asian Talent Cup serta Wolrd Superbike (WSBK) Tahun 2022 mendatang.

Pada tahun 2021, Sirkuit Mandalika juga menjadi tuan rumah balap motor IATC dan WSBK 2021.*
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2022