Terjual 30 ribu tiket menonton MXGP Indonesia di Samota

id NTB,MXGP Indonesia ,MXGP Samota ,Motorcross Grand Prix

Terjual 30 ribu tiket menonton MXGP Indonesia di Samota

Komandan Lapangan MXGP Samota, Ridwan Syah. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Tiket menonton ajang balap Motocross Grand Prix (MXGP) Indonesia di Samota, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah terjual 30 ribu lembar. "Dari data terakhir sampai Selasa ini tiket terjual sudah lebih dari 30 ribu," kata Komandan Lapangan MXGP Samota, Ridwan Syah di Mataram, Selasa.

Ia mengatakan, jumlah ini diprediksi akan meningkat hingga mencapai 50 ribu penonton pada pelaksanaan hari-H MXGP pada 24-26 Juni 2022. "Melihat animo yang tinggi, Insyaallah jumlah penonton bisa lebih dari 50 ribu orang untuk tiga hari," ujarnya.

Sementara terkait penginapan, kata Ridwan, untuk para pembalap, official, dan tamu luar negeri, sudah disiapkan enam hotel di Kota Sumbawa Besar. "Untuk pembalap dan seluruh rombongan tamu luar negeri, jumlahnya sekitar 300 orang, kita siapkan di enam hotel, dan mulai hari ini sudah mulai masuk hotel secara bertahap," katanya.

Menurut Ridwan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan akomodasi untuk penonton domestik dari luar daerah NTB. "Kita sedang siapkan akomodasi tamu, berdasarkan inventarisasi sekitar 5 ribu sampai 10 ribu orang dari luar daerah," ujarnya.

Akomodasi yang tersedia dan sudah disiapkan saat ini antara lain 800 kamar hotel melati dan penginapan di Sumbawa dan sekitarnya serta 7.000 unit tenda di kawasan camping ground sepanjang Teluk Saleh, dan 900 homestay yang disiapkan di rumah penduduk. "Selain itu, kita juga siapkan hotel terapung, KRI Banjarmasin dengan 400 kamar. Ini semua bisa jadi solusi untuk kekurangan kamar," katanya.

Baca juga: Sukseskan MXGP Samota, PLN pasang SPLU di dua lokasi camping ground
Baca juga: Korem 162/Wira Bhakti terjunkan sebanyak 133 personel pengamanan MXGP Samota


Kepala Dinas PUPR NTB ini menyatakan kegiatan MXGP Indonesia di Samota memiliki nilai strategis untuk mempromosikan potensi pariwisata NTB, karena akan diliput oleh sekitar 50 media massa internasional dari 20 negara peserta MXGP Indonesia Samota 2022.

"Selain animo penonton yang tinggi, MXGP Samota juga akan diliput langsung oleh sekitar 250 media massa, terdiri dari 50 media internasional dari 20 negara peserta, 100 media massa nasional, dan 100 media massa lokal," katanya.

Untuk kenyamanan liputan media massa, pihaknya telah menyiapkan dua unit Media Center yang representatif di kawasan Sirkuit Samota, Sumbawa. "Sehingga ada dua aspek yang kita dapat. Selain sukses selenggarakan MXGP Indonesia Samota 2022, kita juga promosikan maksimal potensi pariwisata NTB terutama di Samota. Kita promosikan potensi Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora," ujarnya.
Pewarta :
Editor: I Komang Suparta
COPYRIGHT © ANTARA 2022