XL menyiapkan jaringan berkualitas pendukung MXGP Samota di Sumbawa

id XL Axiata,MXGP Samota,Pulau Sumbawa

XL menyiapkan jaringan berkualitas pendukung MXGP Samota di Sumbawa

XL Axiata menyiagakan mobile base transceiver station (BTS) 4G untuk mendukung suksesnya Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) di Sirkuit Samota, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pada 24-26 Juni 2022. (ANTARA/HO-XL)

Mataram (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk memastikan jaringan 4G dalam kondisi prima dan siap mendukung Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) di Sirkuit Samota, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pada 24-26 Juni 2022.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, melalui keterangan resmi di Mataram, Rabu, mengatakan event MXGP Samota tersebut merupakan salah satu seri balap dunia motocross.

Event tersebut, menurut dia, tentu sangat penting bagi pemerintah Indonesia yang saat ini sedang berupaya keras membangkitkan kembali dunia pariwisata. Oleh sebab itu, pihaknya menyediakan jaringan 4G yang berkualitas.

"Sekaligus, melalui dukungan ini kami ingin menunjukkan kualitas jaringan XL Axiata dengan internet tercepat untuk pelanggan dan masyarakat Sumbawa," katanya.

Ia menyebutkan sedikitnya ada 47 unit base transceiver station (BTS) 4G yang telah disiapkan untuk menjangkau sebagian besar area, termasuk sirkuit dan area wisata di sekelilingnya.

BTS adalah suatu infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan operator.

XL Axiata juga menyiagakan dua unit mobile BTS (MBTS) untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat event balap dunia tersebut berlangsung.

Menurut Gede, kawasan Samota sebelumnya juga sudah terjangkau jaringan 4G XL Axiata, namun potensi lonjakan trafik di area Sumbawa sangat mungkin terjadi saat event balap dunia motocross berlangsung.

"Kemungkinan besar, masyarakat lokal serta masyarakat dari luar Sumbawa akan berdatangan ke Samota. Event besar tersebut diperkirakan juga akan menarik wisatawan asing untuk datang," ujarnya.

Ia menambahkan peningkatan kualitas jaringan 4G tidak hanya sebatas di Samota. Pihaknya juga memperluas jaringan 4G ke seluruh penjuru Sumbawa, baik untuk peningkatan kualitas layanan data dan suara di wilayah perkotaan, maupun perluasan ke area-area yang sebelumnya memang belum terjangkau.

Saat ini, di 61 kecamatan dan lima kabupaten/kota di Pulau Sumbawa, kini telah terlayani oleh layanan 4G XL Axiata. Total ada lebih dari 390 BTS di seluruh Pulau Sumbawa, dengan 389 di antaranya BTS 4G.

"Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten/kota yang ada di Pulau Sumbawa," kata Gede.