Sebanyak 40 Tim Futsal Pelajar SMA/SMK se NTB Ikuti seleksi ANC 2024

id ANC 2024,XL Axiata,Futsal,NTB,futsal

Sebanyak 40 Tim Futsal Pelajar SMA/SMK se NTB Ikuti seleksi ANC 2024

Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto pose bersama tim Futsal pelajar SMA/SMK di sela-sela membuka secara resmi pertandingan Fustal Pelajar ANC 2024 di GOR Turida, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat (4/10/2024). ANTARA/Wal

Mataram (ANTARA) - Sebanyak 40 Tim Fustal pelajar SMA/MA/SMK negeri dan swasta se Nusa Tenggara Barat (NTB) ikut berkompetisi pada pertandingan AXIS Nation Cup (ANC) 2024 di Lapangan Futsal Gelanggang Olahraga (GOR) Turida, Kota Mataram.

Seleksi untuk Provinsi NTB tersebut berlangsung selama tiga hari, yakni 4-6 Oktober 2024. Sebanyak 40 tim futsal pelajar se-NTB akan berjuang meraih juara 1, yang nantinya akan mewakili NTB di seleksi Regional Jatimbalinusra (Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT) pada November 2024 mendatang di Bali.

“"AXIS Nation Cup (ANC) Futsal pelajar tahun ini, antusiasnya luar biasa. Lebih banyak sekolah yang ikut tampil berkompetisi untuk seleksi di Provinsi NTB, jika dibandingkan dengan ANC 2023 lalu," kata Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto di sela-sela membuka secara resmi pertandingan Fustal Pelajar ANC 2024 di GOR Turida, Jumat (4/10).

Dodik mengatakan kualifikasi pertandingan Futsal Pelajar SMA/SMK dan MA se-NTB ini untuk memilih 1 juara. Pemenang dari NTB nantinya akan bertanding untuk menjadi juara Regional Jatimbalinusra di Bali, yakni 1 tim dari NTT, 1 Tim dari NTB, 1 tim dari Bali dan 2 Tim dari Jawa Timur.

Baca juga: 22 tim ikut Turnamen Futsal Lalu Akbar Cup di Labulia Lombok Tengah

Selanjutnya, juara 1 Regional Jatimbalinusra akan mengikuti grand final di Jakarta, bersama masing-masing perwakilan tim dari 6 regional se Indonesia.  

"ANC tahun 2023 lalu SMAN 1 Masbagik, Lombok Timur juara 1 Regional Balinusra dan sukses meraih juara 4 Nasional. Kami berharap tahun ini, ada lagi perwakilan NTB yang menjadi juara ANC Nasional," harap Dodik.

Dikatakan Dodik, pada pelaksanaan ANC 2024, tidak hanya mempertandingkan tim futsal saja, tapi juga ada lomba dancer perwakilan sekolah, dan lomba suporter paling baik dan terheboh, serta kreatif.  

Para juara dancer, lomba supporter paling terbaik, heboh dan kreatif mendapatkan hadiah uang tunai. Mereka juga mendapatkan kartu perdana dan paket data AXIS.   

"Dalam event ANC 2024 ini, setiap penonton mendapatkan kartu perdana AXIS gratis. Kalau yang sudah punya kartu AXIS akan diberikan voucher dan juga ada voucher secara random yang ada pemenangnya bisa mendapatkan kuota sebesar 3 GB per hari selama satu tahun," ujarnya.

Baca juga: SMAN 1 Masbagik Juara 4 di ajang Axis Nation Cup 2023

Adapun tujuan ANC 2024 untuk pelajar SMA/SMK dan SMK ini adalah untuk mencari talenta-talenta muda berbakat di bidang olahraga futsal.

Dalam pelaksanaan ANC 2024 ini, Dodik mengaku bekerja sama dengan KONI dan Pengprov Futsal, sehingga event tersebut resmi karena mendapatkan dukungan dari asosiasi olahraga nasional dan juga daerah.

"Kalau kita lihat olahraga futsal secara nasional, Timnas Futsal Indonesia sangat bagus. Bahkan ada dari Tim Fustal SMAN 1 Masbagik yang juara tahun lalu, ikut sebagai pemain Pra PON 2024," katanya.