PLN mempromosikan madu Semongkat Sumbawa di MXGP Samota

id PT PLN,Madu Semongkat,MXGP Samota,Sumbawa

PLN mempromosikan madu Semongkat Sumbawa di MXGP Samota

Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sumbawa, Wiedhyarno Arief (tengah), bersama pelaku UMKM mitra yang dipromosikan di MXGP Samota, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO-PLN)

Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) mempromosikan madu Semongkat Sumbawa di Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) yang digelar di Sirkuit Samota, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pada 24-26 Juni 2022.

"Kesempatan untuk mengenakan produk lokal ke mancanegara sangat langka. MXGP ini menjadi momentum untuk mengembangkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal, khususnya yang ada di Sumbawa," kata Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sumbawa, Wiedhyarno Arief, melalui keterangan resmi di Mataram, Sabtu.

Menurut dia, acara yang luar biasa tersebut sangat disayangkan apabila tidak dioptimalkan untuk semakin menduniakan madu Semongkat Sumbawa yang memang sudah berhasil menembus pasar dunia.

Wiedhy juga berharap keikutsertaan UMKM di MXGP Samota, terutama yang merupakan mitra binaan, dapat mendongkrak perekonomian daerah. Hal itu merupakan kontribusi PLN untuk NTB, selain sebagai fungsi utama penyedia tenaga listrik.

Selain madu Semongkat Sumbawa, PLN juga menghadirkan beberapa produk mitra binaannya seperti Rumah Coklat Kita, DevinaChoco, SuKaRaZa dan juga Sumbawa Honey

"Ayo bagi penonton MXGP! Jangan lupa mampir ke stan PLN. Dukung UMKM lokal, bantu tingkatkan ekonomi daerah," ujar Wiedhy yang bertugas di Posko Siaga MXGP Samota.

Sementara itu, Mohammad Yamin, Ketua Kelompok Pemburu Madu Hutan "Madu Lestari", yaitu kelompok yang memproduksi Madu Semongkat Sumbawa mengaku sangat senang karena dipercaya untuk mengisi salah satu stan UMKM di ajang internasional tersebut.

"Gelaran MXGP itu tentunya sangat membantu untuk mengenalkan produk kami ke pasar yang lebih luas. Tamu yang datang tidak hanya dari domestik saja, tapi juga mancanegara," tutur Yamin.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada PLN atas kesempatan yang telah diberikan kepada Madu Semongkat Sumbawa.

Selain itu, dirinya menambahkan bahwa Madu Semongkat juga harus terus beradaptasi dan berinovasi, menjawab tantangan pasar yang semakin banyak.

"Menjadi mitra binaan PLN memberikan banyak sekali kemudahan. Dikenalkan dengan banyak media promosi, pelatihan peningkatan kualitas produk, dan banyak lagi," kata Yamin.