KPUD sosialisasikan Pemilu 2024 melalui kegiatan OSIS di Mataram

id kpu,osis,mataram

KPUD sosialisasikan Pemilu 2024 melalui kegiatan OSIS di Mataram

Kegiatan pemilihan Ketua OSIS SMAN 5 Mataram, Nusa Tenggara Barat, melalui sistem demokrasi sesuai dengan pembinaan dari anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram, Senin (3-10-2022). ANTARA/KPU Kota Mataram

Mataram (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyosialisasi tahapan Pemilu 2024 melalui pendampingan pemilihan ketua organisasi siswa intra sekolah (OSIS) di sejumlah sekolah di kota itu.

"Hari ini kami mendampingi pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS SMAN 5 Mataram," kata Ketua KPU Kota Mataram M. Husni Abidin di Mataram, Senin.

Menurut Husni yang didampingi Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kota Mataram Sopan Sofian Hadi, melalui pendampingan ini, dapat melatih pelajar untuk berdemokrasi dan melaksanakan hak-hak politiknya.

Selain itu, siswa bisa mengenal lebih dini bagaimana demokrasi, khususnya tahapan pelaksanaan pemilu.

"Jadi, ketika sudah memiliki hak pilih, mereka bisa menyalurkan hak pilihnya dengan benar serta sesuai dengan ketentuan dan tidak menjadi golongan putih (golput)," katanya.

Pendampingan dalam proses pemilihan Ketua OSIS SMAN 5 Mataram, kata dia, telah dilakukan secara rutin, mulai persiapan tahapan, pendaftaran calon kandidat, seleksi, penyampaian visi dan misi calon, pengumuman calon, pendataan calon pemilih, pencoblosan atau pemungutan suara, hingga tahapan penghitungan suara.

"Alhamdulillah, kalau di SMAN 5, pemilihan ketua OSIS sudah kayak pemilu. Ada tempat pemungutan suara (TPS), daftar pemilih tetap (DPT), dan lainnya dipraktikkan langsung," katanya.

Dikatakan bahwa pendampingan pemilihan ketua OSIS di tingkat SMA se-Kota Mataram rata-rata sudah dilaksanakan. Sekarang ini, menurut dia, banyak permintaan dari sekolah tingkat MTs/SMP.

"Sekarang ada permintaan dari MTs Negeri 3 Mataram. Sebelumnya, kami pernah pendampingan di MTs Negeri 1 Mataram," katanya.

Kegiatan pendampingan ini, lanjut dia, sekaligus menjadi bagian sosialisasi pemilu yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Melalui pendampingan ini, dia berharap pelajar bisa lebih paham pada tahapan dan proses pemilu.

"Harapannya melalui kegiatan ini bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam setiap pesta demokrasi," katanya.