PAL Indonesia buka ruang mahasiswa Unram belajar industri maritim

id PAL Indonesia,Fakultas Ekonomi,Unram

PAL Indonesia buka ruang mahasiswa Unram belajar industri maritim

Direktur Pemasaran PT PAL Indonesia (Persero) H Willgo Zainar (kanan), memberikan kuliah umum di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, Senin (7/11/2022). ANTARA/Awaludin

Mataram (ANTARA) - PT PAL Indonesia (Persero) membuka ruang bagi mahasiswa Universitas Mataram (Unram), Nusa Tenggara Barat untuk menimba ilmu tentang industri maritim melalui program magang atau bisa juga berkarir di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang galangan kapal tersebut.

Direktur Pemasaran PT PAL Indonesia, H Willgo Zainar, di Mataram, Senin, mengatakan mahasiswa atau alumni Unram, khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis harus berani keluar dari zona nyaman.

"Belum ada adik-adik kita alumni Unram yang ada di PT PAL, kami tawarkan ayo ke PT PAL, apakah sifatnya magang atau nanti kemudian ingin berkarir," kata Wilgo usai memberikan kuliah umum bertemakan "Peranan industri maritim dalam membangun kemandirian alutsista nasional matra laut dalam menjaga kedaulatan NKRI" di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unram.

Alumni Fakultas Ekonomi Unram itu mengatakan PT PAL Indonesia memiliki program goes to campus yang diawali dari Unram kemudian berlanjut  ke Universitas Hasanuddin (Unhas), Institute Teknik Bandung (ITB), dan beberapa kampus terkemuka di Indonesia.

Program PT PAL goes to campus tersebut dimanfaatkan untuk memperkenalkan kepada  mahasiswa tentang PT PAL Indonesia (Persero) sebagai salah satu industri strategis milik BUMN yang memproduksi alat utama sistem pertahanan Indonesia khususnya untuk matra laut.

Willgo menambahkan melalui kunjungan ke kampus-kampus tersebut pihaknya juga menyampaikan informasi terkait peluang bagi mahasiswa untuk melaksanakan program magang di kantor pusat PT PAL Indonesia, di Surabaya, Jawa Timur.

"Kami juga tetap ada program perekrutan karyawan sesuai kebutuhan, seperti tahun ini ada sekitar 58 orang dibutuhkan dari berbagai disiplin ilmu, ada ekonomi, teknik dan sumber daya manusia," ujarnya.

Baca juga: Universitas Mataram mendukung pengembangan kentang di Sembalun
Baca juga: Seminar Inteligensia Scholarship jadi wadah diskusi BEM FH Unram


Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Unram, Doktor Muaidy Yasin, mengatakan kuliah umum yang dilakukan PT PAL Indonesia kepada para mahasiswanya menjadi pengalaman berharga.

Apalagi, kata dia, dengan adanya ruang kegiatan magang yang diberikan akan berdampak positif bagi mahasiswa. "Dengan magang mereka bisa belajar, sebab mahasiswa di kampus mendapatkan teori dan konsep. Magang itu setara dengan 14 sistem kredit semester," katanya.

Kuliah umum yang diikuti seratusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unram berjalan lancar. Para mahasiswa sangat antusias melakukan tanya jawab seputar PT PAL Indonesia yang memproduksi alat utama sistem pertahanan Indonesia khususnya untuk matra laut dan menjalin kerja sama dengan sejumlah negara di kawasan Asia dan Eropa.