TNI membersihkan sampah di Pantai Selong Belanak Lombok Tengah

id Pantai ,Selong belanak ,TNI

TNI membersihkan sampah di Pantai Selong Belanak Lombok Tengah

Anggota TNI bersama aparat gabungan saat membersihkan sampah di Pantai Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Jumat (25/11/2022) (ANTARA/Humas Kodim 1620 Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Anggota TNI AD, AL, AU, Polri, dan masyarakat menggelar karya bakti dengan membersihkan sampah di are pesisir Pantai Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, agar tetap bersih dan indah dilihat wisatawan.

"Kegiatan gebyar karya bakti berhasil mengumpulkan berbagai jenis sampah organik maupun nonorganik," kata Dandim 1620/Lombok Tengah Letkol Kav. I. F. Andi Yusuf Kertanegara di Praya, Jumat.

Kawasan laut dan pantai di Pulau Lombok memiliki potensi sumber daya yang patut dibanggakan. Ruang laut dan pesisir memberi banyak manfaat bagi kehidupan sebagai sumber pangan dan industri maritim untuk mendukung berbagai lini sektor kehidupan manusia.

"TNI memahami pentingnya menciptakan laut yang sehat, aman, tangguh, dan produktif," katanya.

Ia mengatakan sesuai prinsip ekonomi biru, yaitu pemanfaatan sumber daya laut yang berwawasan lingkungan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan, mata pencaharian, dan pelestarian ekosistem.

"Kegiatan ini untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat dan sebagai penguat paradigma kemanunggalan TNI-rakyat," katanya.

Selain itu, papar dia, karya bakti ini merupakan aksi nyata untuk mendukung program pemerintah dalam menjaga kelestarian alam sehingga mengedepankan prinsip kehidupan sosial kemasyarakatan yang mandiri, memiliki jiwa integrasi kuat, dan membangun semangat gotong royong masyarakat.

Ia mengajak semua pihak menjaga kelestarian alam dan lingkungan, termasuk sungai maupun pantai karena pantai yang menjadi tempat wisata menarik dikunjungi kalangan wisatawan.

"Berbagai upaya dapat kita lakukan untuk menjaga eksistensi dan kelestarian alam kita. Dengan upaya mewujudkan pantai sehat yang menjamin keberlanjutan pengelolaan dan pemanfaatan laut itu sendiri," katanya.