KPUD Mataram menggelar uji publik rancangan dapil dan kursi Pemilu 2024

id KPUD Mataram,Dapil,DPRD

KPUD Mataram menggelar uji publik rancangan dapil dan kursi Pemilu 2024

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Mataram M Husni Abidin (depan) membuka kegiatan uji publik rancangan penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Mataram pada Pemilu Tahun 2024, di Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Rabu (14/12-2022). (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menggelar kegiatan uji publik rancangan penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Mataram pada Pemilu tahun 2024.

"Uji publik ini bertujuan untuk mendapatkan saran, masukan, dan pendapat, agar semua masyarakat tahu jumlah dapil dan alokasi kursi DPRD sebelum ditetapkan pada Jumat (16/12)," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Mataram M Husni Abidin di Mataram, Rabu.

Kegiatan uji publik rancangan penataan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Mataram pada Pemilu 2024 itu diikuti oleh para pemangku kepentingan, antara lain Panwaslu, jajaran akademisi, tokoh masyarakat, camat, dan jajaran media di daerah itu.

Menurutnya, dalam rancangan penataan dapil dan alokasi kursi bagi anggota DPRD tahun 2024, masih sama dengan Pemilu 2019.  

Untuk dapil di Kota Mataram masih terbagi menjadi enam dapil yakni Dapil Mataram, Sekarbela, Ampenan, Selaparang, Cakranegara, dan Dapil Sandubaya.

"Sedangkan untuk alokasi kursi anggota DPRD masih 40 kursi," katanya.

Rincian alokasi kursi anggota DPRD untuk masing-masing dapil meliputi Dapil Mataram sebanyak 7 kursi, Sekarbela 5 kursi, Ampenan 8 kursi, Selaparang 7 kursi, Cakranegara 7 kursi, dan Dapil Sandubaya sebanyak 6 kursi.

"Sementara penetapan jumlah suara untuk mendapatkan satu kursi, belum ditentukan karena dihitung berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT)," katanya.

Dikatakan, rancangan dapil dan alokasi kursi DPRD itu sesuai dengan PKPU Nomor 6 tahun 2022, berdasarkan jumlah penduduk di Kota Mataram yang masih berada pada angka sekitar 400 ribu jiwa.

"Jumlah penduduk kita di Mataram masih 400 ribu jiwa lebih, jadi jumlah dapil dan alokasi kursi DPRD sama dengan Pemilu 2019," katanya.

Husni mengatakan, setelah kegiatan uji publik rancangan penataan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Mataram pada Pemilu 2024 hari ini, besok (Kamis 15/12) akan dilanjutkan dengan mengundang seluruh partai politik peserta Pemilu 2024.

"Uji publik ini besok gelar di Seraton Senggigi, dengan mengundang seluruh partai politik peserta Pemilu 2024 yang akan diumumkan secara resmi hari ini," katanya.