NTB mengintegrasikan puncak bulan K3 di Mandalika dengan bursa kerja

id Bulan K3 Nasional,Sirkuit Mandalika,Bursa Kerja,NTB integrasikan puncak bulan K3,puncak bulan K3 di Mandalika dengan bur

NTB mengintegrasikan puncak bulan K3 di Mandalika dengan bursa kerja

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTB Gde Putu Aryadi. (ANTARA/HO-Disnakertrans NTB)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat akan mengintegrasikan puncak peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional dengan bursa kerja (job fair) hybrid yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, pada 9-11 Februari 2023.

"Peringatan puncak Bulan K3 Nasional akan diisi juga dengan pelaksanaan job fair hybrid difasilitasi Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB Gde Putu Aryadi, dalam keterangan resminya di Mataram, Selasa.

Aryadi memimpin rapat koordinasi teknis pelaksanaan puncak peringatan Bulan K3 dan job fair hybrid bersama seluruh Disnakertrans 10 kabupaten/kota di NTB, di Kabupaten Lombok Tengah.

Ia mengatakan, peringatan Bulan K3 tersebut rencananya akan dihadiri oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, yang akan meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas.

Menteri Ketenagakerjaan juga akan menghadiri puncak acara "Bau Nyale" (tangkap cacing laut) bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), sekaligus memastikan kesiapan sumber daya manusia ketenagakerjaan untuk menyambut dan menyukseskan World Superbike (WSBK) pada Maret 2023.

"Itulah sebabnya puncak K3 Nasional kita pusatkan di Sirkuit Pertamina Mandalika," ujarnya.

Aryadi menjelaskan, job fair adalah media untuk mempertemukan perusahaan dengan calon pekerja yang kompeten. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan perusahaan akan mendapatkan calon pekerja yang sesuai kebutuhan dan pencari kerja bisa menentukan posisi yang sesuai dengan kompetensi dan bakatnya.

Bursa kerja pada puncak Bulan K3 tersebut rencananya akan dilaksanakan secara hybrid, yaitu tatap muka (offline) dan daring (online), yang akan melibatkan lebih dari 40 perusahaan.

"Job fair hybrid ini sekaligus akan menjadi yang pertama di NTB. Makanya saya mengingatkan jika memang ada perusahaan membutuhkan tenaga kerja agar dapat mendaftarkan diri untuk ikut serta sehingga perusahaannya dapat mulai merekrut dari sekarang," ucapnya.

Adapun 40 perusahaan yang dihadirkan yaitu perusahaan menegah hingga besar, termasuk P3MI, perusahaan farmasi, hotel-hotel besar, perbankan hingga perusahaan kapal pesiar turut bergabung dalam bursa kerja tersebut.