Kemendikbudristek fasilitasi 39 komunitas film melalui Dana Indonesiana

id Dana Indonesiana,Program Sinema Mikro,Kemendikbudristek

Kemendikbudristek fasilitasi 39 komunitas film melalui Dana Indonesiana

Kemendikbudristek) memberikan fasilitas Program Sinema Mikro Dana Indonesiana kepada 39 komunitas film di Jakarta, Rabu (22/2/2023). (ANTARA/HO-Kemendikbudristek)

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan fasilitas Program Sinema Mikro Dana Indonesiana kepada 39 komunitas film pada 2022.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid menyatakan dari 39 komunitas film tersebut, beberapa di antaranya telah memanfaatkan bantuan dengan menggelar pemutaran film di daerah-daerah yang memiliki gedung bioskop. “Ini untuk meningkatkan literasi film di Indonesia,“ katanya di Jakarta, Rabu.

Hilmar menjelaskan Fasilitasi Bidang Kebudayaan Sinema Mikro tidak hanya digunakan sebagai ruang bioskop alternatif, namun juga menjadi dukungan kepada komunitas dalam meningkatkan jumlah ruang pertemuan kebudayaan berbasis audio-visual.

Dana Indonesiana atau dana abadi kebudayaan diberikan pemerintah untuk membantu para budayawan berkembang dan meraih prestasi serta menyalurkan ekspresi. Sejak beberapa tahun belakangan secara bertahap Dana Indonesiana mulai dapat digunakan oleh para budayawan yang sangat besar manfaatnya.

Menurut Hilmar, Dana Indonesiana sebagai dana abadi kebudayaan adalah bukti pemerintah hadir dan bergerak bersama masyarakat untuk menjadi wadah penyediaan ruang keragaman ekspresi. Selain itu, dana abadi itu juga upaya pemerintah dalam mendorong interaksi budaya dan inisiatif-inisiatif baru dalam upaya pemajuan kebudayaan Indonesia sesuai UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Salah satu penerima bantuan program Sinema Mikro Dana Indonesiana adalah Komunitas Kembang Gula yang memiliki program berupa layar tancap keliling di sembilan titik setiap bulan yang diberi nama Srawung Sinema. Srawung Sinema merupakan program pemutaran reguler Kembang Gula yang diharapkan dapat mempertemukan filmmaker dengan warga sekitar melalui pemutaran film atau layar tancap dan diskusi.

Srawung yang berarti berinteraksi ini merupakan upaya membuka ruang menonton dan membahas film-film alternatif dengan cara kreatif dan tidak terbatas serta menggunakan pendekatan wacana atau narasi yang dekat dengan persoalan warga sekitar Kota Solo.

“Selama pemutaran berlangsung warga selalu antusias dan memberi respons positif. Mereka menyambut baik dan merasa terhibur dengan adanya layar tancap,” kata Fanny Chotimah dari Kembang Gula.

Baca juga: Kemendikbudristek sebut lulusan Kampus Merdeka lebih cepat dapat kerja
Baca juga: Nadiem sebut ruang lingkup revitalisasi pendidikan vokasi


Komunitas lainnya adalah Komunitas Gemulun Indonesia di Jambi yang telah melakukan pemutaran film sebanyak dua kali dari enam kali pemutaran yang direncanakan. “Bagi masyarakat, kegiatan seperti ini dapat menjadikan sarana hiburan sekaligus edukasi bagi mereka, khususnya generasi muda yang hadir pada saat pemutaran film,” kata Sean Popo Hardi dari Komunitas Gemulun.

Dana Indonesiana 2023 direncanakan dibuka kembali pada pertengahan Maret 2023 dengan informasi lebih lanjut dapat diakses secara berkala pada laman danaindonesiana.kemdikbud.go.id dan media sosial Ditjen Kebudayaan yaitu @budayasaya.