Diarpus Mataram mendukung ruang pintar guna motivasi anak gemar baca

id Ruang Pintar Mataram,Perpustakaan Mataram,ruang pintar di Kelurahan Monjok Timur,Mataram

Diarpus Mataram mendukung ruang pintar guna motivasi anak gemar baca

Kepala Bidang (Kabid) Deposit dan Pengolahan Bahasa Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram Hj Kartina, mengecek koleksi buku di Ruang Pintar Al-Ikhlas Kelurahan Monjok Timur, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kamis (8/6-2023). (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), mendukung pencanangan ruang pintar di Kelurahan Monjok Timur sebagai salah satu wadah memotivasi anak-anak sekitar agar gemar membaca serta lebih giat belajar.

"Dengan adanya ruang pintar ini, anak-anak bisa datang untuk membaca dan belajar dengan berbagai fasilitas yang disiapkan," kata Kepala Bidang (Kabid) Deposit dan Pengolahan Bahasa Diaspus Kota Mataram Kartina di Mataram, Kamis.

Pernyataan itu disampaikan Kartina saat ditemui seusai menghadiri peresmian Ruang Pintar Al Ikhlas Kelurahan Monjok Timur yang merupakan bantuan dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM) bekerja sama dengan PT Bank Permata Tbk.

Sebagai bentuk dukungan Diarpus Mataram akan memberikan tambahan koleksi buku. "Insya Allah kami akan dukung untuk buku bacaan anak berupa buku cerita dan komik. Untuk jumlahnya, akan kita koordinasikan sesuai kebutuhan," katanya.

Hal itu dimaksudkan untuk menarik minat anak-anak ke rumah pintar, kata dia, sekaligus menumbuhkan rasa cinta dan gemar membaca, serta meningkatkan minat baca di kalangan anak-anak.

"Karena itu harapan kami setelah ruang pintar diresmikan, pengelola hendaknya bisa merawat dan menjaga sekaligus mengakomodasi anak-anak serta warga untuk mengoptimalkan pemanfaatannya," kata Kartina.

Selain itu, lanjutnya, Diarpus Kota Mataram juga siap mendukung dan memberikan pendampingan dalam pengelolaan di ruang pintar, termasuk jika ada kegiatan-kegiatan edukasi yang dilaksanakan di ruang pintar.

"Kami juga punya dua unit mobil perpustakaan keliling yang bisa kita tempatkan secara berkala, jika pihak pengelola ruang pintar membutuhkan," katanya.