Tim SAR menghentikan pencarian satu korban tenggelam di Pantai Tanjung Menangis

id Pantai Tanjung Menangis,Pencarian korban Pantai Tanjung Menangis,Lombok Timur,Tim SAR Mataram

Tim SAR menghentikan pencarian satu korban tenggelam di Pantai Tanjung Menangis

Tim SAR gabungan Mataram, Nusa Tenggara Barat, saat melakukan pencarian terhadap korban tenggelam di Pantai Tanjung Menangis, Lombok Timur (ANTARA/Humas SAR Mataram)

Mataram (ANTARA) - Tim SAR gabungan menghentikan pencarian satu dari lima korban tenggelam saat berenang di perairan kawasan Pantai Tanjung Menangis, Dusun Ketapang, Desa Pringgabaya, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram Lalu Wahyu Efendi dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Jumat, mengatakan bahwa berdasarkan hasil koordinasi dengan unsur-unsur yang terlibat dan pihak keluarga, operasi pencarian dihentikan setelah berlangsung selama tujuh hari.

"Korban yang tidak ditemukan atas nama Abdul Hakim (25)," kata Wahyu.

Baca juga: Satu korban Pantai Tanjung Menangis Lotim ditemukan di Pantai Maluk Sumbawa Barat
Baca juga: Abdul Hakim pengantin baru yang menjadi korban Pantai Tanjung Menangis Lombok Timur


Selama sepekan, tim SAR gabungan memperluas area pencarian ke arah selatan dari lokasi kejadian dengan melakukan penyisiran dan penyelaman. Namun, korban tidak ditemukan.

"Pencarian dilakukan hingga perairan Maluk, Sumbawa Barat," katanya.

Kejadian itu bermula saat lima warga Lombok Timur berwisata ke Pantai Tanjung Menangis pada Jumat (2/6) sore. Saat berenang, tiba-tiba korban atas nama Arya (7) hanyut terseret ombak. Empat orang lainnya, Abib Kholik (13), Ziat (13), Abdul Hakim (25), dan Gian Heri Apriandi (18), berusaha menolongnya.

"Namun, semuanya ikut terseret arus hingga tenggelam, sementara Arya berhasil diselamatkan. Beberapa saat kemudian Abib Kholik ditemukan meninggal dunia di lokasi kejadian," katanya.

Kemudian Gian Heri Apriandi ditemukan keesokan harinya dalam kondisi tidak bernyawa, mengambang sekitar 500 meter arah timur dari lokasi kejadian. Pada hari berikutnya, Ziat ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di perairan Maluk, Sumbawa Barat.

“Satu korban selamat, tiga meninggal dunia, dan satu orang dinyatakan hilang,” katanya.

Adapun unsur yang terlibat dalam operasi pencarian antara lain Pos SAR Kayangan, TNI, Polri, BPBD, Unit SAR Lombok Timur, nelayan, pemadam kebakaran, warga setempat, dan potensi SAR wilayah Lombok Timur dan Sumbawa.