Kebakaran hutan landa kawasan Bukit Sempana Sembalun

id Bukit Sempana,Bukit Sempana Sembalun,Kebakaran Hutan di Bukit Sempana,kebakaran hutan,Sembalun,Lombok Timur,Savana

Kebakaran hutan landa kawasan Bukit Sempana Sembalun

Padang savana Bukit Sempana, Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, terbakar sejak Jumat (16/6) sekitar pukul 18.00 WITA.

Sembalun, Lombok Timur (ANTARA) - Padang savana Bukit Sempana, Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, terbakar sejak Jumat (16/6) sekitar pukul 18.00 WITA. 

Kepala KPH Rinjani Timur Dinas DLHK NTB, Mustara mengatakan dalam rilis diterima media ini terkait dengan kebakaran di kawasan puncak Bukit Nanggi dan Bukit Sempana. 

Perkiraan kejadian pukul 18.00 Wita. Laporan dari petugas di lapangan yang terbakar areal bukit Sempana. 

"Saat ini tim sedang melakukan pemantauan dari wilayah Sembalun. Karena lokasi sangat jauh, maka diputuskan tim dari KPH Rinjani Timur akan berangkat menuju TKP besok pagi (Sabtu-red)," katanya. 

Baca juga: Waspada kebakaran hutan di NTB

Kepala Resort Pengelola Hutan (RPH) Sembalun,  Supaendi membenarkan terjadinya musibah kebakaran di kawasan hutan bukit Sempana, Desa Sembalun Bumbung tersebut. 

“Benar terjadi kebakaran hutan di Bukit Sempana sekitar pukul 09.00 Wita. Kami lihat kepulan asap api di kawasan bukit tersebut," tuturnya. 

Melihat kejadian tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Polsek Sembalun, Koramil 1615 Sembalun dan Kepala Resort TNGR Sembalun untuk memadamkan api tersebut. 

“Begitu dapat info, langsung kami kordinasi dengan pihak terkait. Sekitar pukul 09.00 WITA Sabtu pagi, tim langsung bergerak naik untuk memadamkan api itu menggunakan alat seadanya," kata Supardi. 

Adapun luas lahan dan titik koordinat yang terbakar saat ini belum bisa dipastikan, sambung Supaendi. Mengingat hingga saat ini api sudah padam, kalau dilihat dari Desa Sembalun dan sekitarnya. 

“Kami tidak bisa memastikan luas yang tebakar, karena kami masih berupaya naik ke bukit untuk mengecek lokasi (TKP) titik apinya," uajrnya. 

"Alhamdulillah di wilayah Sembalun apinya sudah padam, infonya dua titik di wilayah Pringgabaya belum padam. Itu yang kami krocek naik bersama tim," imbuhnya. 

Sementara penyebab kebakaran tersebut, sedang dalam penyelidikan oleh pihaknya bersama Polsek Sembalun, apakah disebabkan oleh alam atau sengaja dibakar.