Sigi Sulteng kenalkan investasi hijau lewat festival lestari

id Pemkab Sigi,Festival Lestari,Bupati Sigi,Ltkl,Mohamad Irwan,Investasi Hijau,Sulteng

Sigi Sulteng kenalkan investasi hijau lewat festival lestari

Bupati Sigi Mohamad Irwan (tengah) menyampaikan keterangan terkait investasi lestari melalui pelaksanaan Festival Lestari, di Sigi, Rabu (21/6/2023) (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengenalkan konsep investasi hijau atau investasi yang mengedepankan pelestarian lingkungan melalui Festival Lestari yang akan dilaksanakan di daerah tersebut.

"Festival lestari melibatkan para investor, tujuannya untuk mengenalkan sekaligus membuka peluang investasi hijau kepada investor," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Rabu.

Kabupaten Sigi menjadi tuan rumah penyelenggaraan Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) Ke-V Tahun 2023. Salah satu kegiatan LTKL adalah Festival Lestari yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 - 25 Juli 2023.

Berdasarkan data Sekretariat LTKL bahwa hingga saat ini terdapat 15 pemodal/investor nasional yang menyatakan siap hadir pada Festival Lestari sekaligus bersedia untuk berinvestasi berbasis lingkungan di Sigi.

Pemkab Sigi menargetkan realisasi investasi berbasis lingkungan melalui Festival Lestari senilai 20 Juta dolar AS. Mohamad Irwan mengatakan bahwa investasi lestari atau investasi hijau menjadi satu upaya untuk perlindungan lingkungan, sekaligus sebagai upaya pencegahan terjadinya perubahan fungsi lahan dan hutan. "Investasi ini di dalamnya termasuk perlindungan kawasan berserta seluruh flora dan fauna, serta semua ekosistem kawasan," ujarnya.

Konsep investasi ini dikenalkan, seiring dengan ketersediaan potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh Kabupaten Sigi. Bupati Mohamad Irwan mengemukakan bahwa Sigi merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam pada sektor pertanian, kehutanan, perkebunan, peternakan dan perikanan, pariwisata dan budaya.

Baca juga: Kemajuan perluasan investasi hijau masih terkendala
Baca juga: APKASI dorong perkembangan investasi hijau


Maka pengembangan potensi sumber daya alam tersebut, salah satunya dilakukan dengan pelibatan investor dengan model/skema investasi lestari. "Langkah ini ditempuh dengan tujuan perlindungan dan pengembangan pelestarian lingkungan, serta pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan ekonomi," ucapnya.

Pemkab Sigi, kata dia, menjamin kemudahan investor berinvestasi di Sigi dengan konsep investasi lestari yang di dalamnya juga terkandung skema pelibatan masyarakat dalam pengembangan usaha pada sektor potensial sumber daya alam.