Pemkot Bogor percepat bangun wisma atlet

id Bogor, Porprov, wisma atlet,Atlet Bogor, KONI

Pemkot Bogor percepat bangun wisma atlet

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Abdul Rachim (kiri) bersama Ketua KONI Kota Bogor Benninu Argoebie (kanan) saat menghadiri rapat koordinasi pembahasan kesiapan Kota Bogor sebagai tuan rumah Porprov XV Jawa Barat 2026, di Paseban Narayana, Balai Kota Bogor, Senin (7/8/2023). ANTARA/HO-Pemkot Bogor

Kota Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mempercepat pembangunan wisma atlet sebagai persiapan menjadi tuan rumah Pekan olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat (Jabar) 2026. Pemkot Bogor perlu memastikan status lahan di Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal ke Badan Pertanahan Nasional (BPN), dan alokasi anggaran pembangunan wisma atlet itu.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Abdul Rachim, di Kota Bogor, Senin, mengatakan Pemprov Jabar sebelumnya telah berkomitmen untuk membantu alokasi anggaran pembangunan wisma atlet sebesar Rp100 miliar, namun untuk merealisasikannya perlu segera memberi bukti status lahan.

"Dinas PUPR Kota Bogor perlu memprioritaskan untuk memastikan lagi dengan Sekda Jabar terkait komitmen dari Pemprov Jabar mengalokasikan Rp100 miliar untuk pembangunan wisma atlet di Kayumanis ini," katanya pula.

Menurut Dedie, sebelum melapor atau berdiskusi dengan Sekretaris Daerah Provinsi Jabar dan Gubernur, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Bogor perlu memastikan status lahan sebagai lokasi wisma atlet di Kayumanis kepada BPN setempat.

Status lahan menjadi kendala realisasi pengalokasian bantuan anggaran pembangunan wisma atlet tersebut. Dedie meminta BKAD dan Dinas PUPR bisa memprioritaskan untuk menyelesaikan status lahan tersebut pada pekan ini, agar dapat segera diserahkan kepada Pemprov Jabar.

Dedie menjelaskan, simultan dengan perencanaan pembahasan anggaran, yakni kebutuhan terkait akses lahan yang akan dibangun.  Menurut dia, hal itu karena sudah tidak ada waktu lagi dan hanya ada waktu di tahun ini, untuk memastikan akses jalan dari sekitar kedai tahu Yun-yi sampai wisma atlet bisa dibuka para 2023. "Jadi tidak bisa tawar-menawar lagi, karena itu jadi dua syarat alokasi dana dari pemprov ke Pemkot Bogor dalam rangka dukungan tuan rumah Porprov Jabar 2026," kata dia lagi.

Dedie menyampaikan pada Porprov Jaar 2026 nanti, ada delapan cabang olahraga yang akan memanfaatkan Wisma Atlet Kayumanis. Menurut Dedie, kalau alokasi anggaran dan lahan tidak selesai dan disiapkan akses di tahun ini, Kota Bogor bahkan tidak akan memiliki lapangan tembak, kolam renang aquatik, termasuk indoor stadion yang representatif.

Pemkot Bogor bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bogor telah melaksanakan rapat koordinasi pembahasan kesiapan Kota Bogor sebagai Tuan Rumah Porprov XV Jabar 2026 di Paseban Narayana, Balai Kota Bogor, Senin (7/8).

Ketua KONI Kota Bogor Benninu Argoebie menjelaskan persiapan terkait infrastruktur menjadi pembahasan utama, mengingat Kota Bogor menjadi tuan rumah tunggal pada perhelatan bergengsi ini. "Persiapan sebagai tuan rumah harus dimulai dari sekarang. Kami sudah terima SK Gubernur dan memutuskan hanya Kota Bogor sebagai tuan rumah," ujar Ketua KONI Kota Bogor Benninu Argoebie.

Baca juga: Pemkot Bogor bina atlet panahan hadapi Porprov 2026
Baca juga: NTB tunggu arahan pusat terkait pembangunan stadion PON 2028


Benninu mengatakan, sebelumnya ada ketetapan dari KONI Jabar jika tuan rumah porprov harus di tiga tempat. Namun, Kota Bogor ditunjuk langsung Gubernur Jabar sebagai tuan rumah tunggal. Sebagai tuan rumah tunggal Kota Bogor tetap bisa meminta bantuan dari daerah lainnya yang sifatnya hanya sebagai daerah pendamping. "Pemkab Bogor sudah menyatakan siap membantu Kota Bogor di porprov dan saat ini kami sedang membentuk pokja persiapan," kata dia pula.